PENGARUH MODAL, JAM KERJA, DAN LOKASI TERHADAP PENDAPATAN PKL PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PKL DI LAPANGAN KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN)

Mega, Arihni Sholihah (2023) PENGARUH MODAL, JAM KERJA, DAN LOKASI TERHADAP PENDAPATAN PKL PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PKL DI LAPANGAN KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mega Arihni Sholihah_Pengaruh Modal, Jam Kerja, Dan Lokasi Terhadap Pendapatan PKL Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus PKL Di Lapangan Karangklesem Purwokerto Selatan).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam melakukan suatu usaha seseorang memiliki tujuan untuk memperoleh pendapatan baik berupa uang, natura maupun fasilitas yang diperoleh dalam jangka waktu tertentu. Berdasarkan survei yang peneliti lakukan terhadap PKL di Lapangan Karangklesem Purwokerto Selatan dan kajian penelitian terdahulu, maka diperoleh beberapa hal yang menjadi pengaruh pedagang kaki lima yaitu modal yang merupakan peran penting dalam kelancaran suatu usaha yang mana berpengaruh terhadap pendapatan, jam kerja juga berkaitan erat dengan pendapatan seorang pedagang yang dilihat dari kualitas barang atau jasa yang terjual, dan lokasi adalah faktor yang harus dipertimbangkan untuk menentukan keberhasilan suatu usaha yang juga berpengaruh terhadap pendapatan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh modal, jam kerja, dan lokasi terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Lapangan Karangklesem. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat asosiatif dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis, yang diolah dengan menggunakan statistik IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan nilai variabel bebas 2,346 untuk variabel modal, -0,819 variabel jam kerja, dan 3,385 variabel lokasi, dengan T tabel 2,056 yang berarti modal dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan PKL, sedangkan jam kerja bernilai negatif dan tidak signifikan terhadap pendapatan PKL di Lapangan Karangklesem Purwokerto Selatan. Sedangkan modal, jam kerja, dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan PKL di Lapangan Karangklesem Puwokerto Selatan dengan nilai sebesar F-hitung > F-tabel (13,298 > 2,96), dan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,605, hal ini menunjukkan bahwa variabel modal, jam kerja, dan lokasi adalah variabel bebas yang dapat menggambarkan variabel terikat, yaitu sebesar 60,5%. Sedangkan sisanya 39,5% dijelaskan oleh variabel tembahan yang tidak diperiksa dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modal, Jam Kerja, Lokasi, Pendapatan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Mega Arihni Sholihah
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:08
Last Modified: 01 Feb 2023 04:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18178

Actions (login required)

View Item View Item