MANAJEMEN FILANTROPI KOMUNITAS SOSIAL AL-JABBAR DALAM UPAYA MEMINIMALISASI KEMURTADAN DI KABUPATEN PANGANDARAN

NIDA, AWALIYATULLAILA (2023) MANAJEMEN FILANTROPI KOMUNITAS SOSIAL AL-JABBAR DALAM UPAYA MEMINIMALISASI KEMURTADAN DI KABUPATEN PANGANDARAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img] Text
NIDA AWALIYATULLAILA_MANAJEMEN FILANTROPI KOMUNITAS SOSIAL AL-JABBAR DALAM UPAYA MEMINIMALISASI KEMURTADAN DI KABUPATEN PANGANDARAN.pdf
Restricted to Repository staff only until March 2023.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Adanya filantropi dikalangan masyarakat sangatlah berpengaruh terhadap perbaikan kohesi sosial itulah mengapa banyak komunitas sosial berdiri baru-baru ini. Setiap komunitas tentu berdiri dengan tujuaan masing-masing terlepas dari tujuan utama yaitu membantu meringankan beban ekonomi sasaran-sasaran tertentu, begitu pula dengan komunitas Al-Jabbar dengan tujuan utamanya untuk meminimalisasi adanya pilihan murtad di kalangan masyarakat bawah. Dalam penelitian ini pendekatan yang dipilih adalah pendektan kualitatif. Disini penulis menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen filantropi yang dilakukan oleh komunitas terkait dengan tujuan komunitas yaitu meminimalisasi kemurtadan. Dari proses tersebut memberikan hasil penelitian yang mengatakan bahwa komunitas Al-Jabbar telah melakukan manajemen filantropi dalam misinya untuk meminimalisasi adanya kasus kemurtadan di kabupaten Pangandaran dengan terpenuhinya unsur-unsur manajemen dan terlaksananya fungsi-fungsi manajemen meskipun masih terdapat dua fungsi yang belum maksimal dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk melakukan fungsi dengan lebih baik lagi terlebih pada bagian yang belum terlaksana maksimal yaitu fungsi perencanaan dan pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Filantropi, Kemurtadan
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nida Awaliyatullaila sdri
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:11
Last Modified: 14 Feb 2023 06:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18159

Actions (login required)

View Item View Item