IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI NUSAWUNGU CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Novi Khomsatun, 1123301003 (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI NUSAWUNGU CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
NOVI KHOMSATUN_IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI NUSAWUNGU CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang penerapannya diwajibkan pada sekolah atau madrasah negeri. Kurikulum ini mulai diterapkan pada tahun pelajaran 2014/2015 di MTs Negeri Nusawungu, termasuk dalam pembelajaran fiqih. Perbedaan yang cukup signifikan dengan kurikulum KTSP, terutama pada pendekatan pembelajaran dan sistem penilaiannya, membuat guru fiqih kesulitan dalam memulai menerapkan kurikulum 2013. Berdasarkan latar belakang masalah inilah penulis ingin mengkaji implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran fiqih di madrasah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran fiqih di MTs Negeri Nusawungu pada tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada semester ganjil dan genap tahun pelajaran 2014/2015, tepatnya dimulai dari tanggal 4 September 2014 sampai 31 Mei 2015. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kualitatif model interaktif yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan. Kegiatan ini meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran fiqih kelas VII MTs Negeri Nusawungu melalui tahap perencanaan dilakukan dengan menyusun RPP berdasarkan acuan silabus kurikulum 2013, menganalisis kondisi siswa untuk merencanakan langkah pembelajaran, memilih media dan sumber belajar, dan menyusun instrumen evaluasi berdasarkan kurikulum 2013; tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan scientific melalui lima langkah, yakni mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan hasil data yang ditemukan melalui proses diskusi kelompok; dan tahap evaluasi dilakukan terhadap 3 aspek sasaran, yakni aspek sikap meliputi sikap spiritual dan sikap sosial dengan teknik observasi, aspek pengetahuan dengan teknik tes, dan aspek keterampilan dengan teknik pemberian proyek, portofolio, dan praktik. Nilai berbentuk kualitatif berupa huruf A, B, C, dan D yang disertai dengan deskripsi setiap kompetensi pembelajaran fiqih. Penilaian dilakukan selama dan setelah proses pembelajaran fiqih berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Fiqih, MTs Negeri Nusawungu
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Dec 2016 08:15
Last Modified: 06 Dec 2016 08:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1815

Actions (login required)

View Item View Item