PERILAKU SELF-INJURY PADA REMAJA PENGIDAP BIPOLAR DI DESA PURBALINGGA LOR

Desi, Dwi Prastiwi (2023) PERILAKU SELF-INJURY PADA REMAJA PENGIDAP BIPOLAR DI DESA PURBALINGGA LOR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DESI DWI PRASTIWI_PERILAKU SELF-INJURY PADA REMAJA PENGIDAP BIPOLAR DI DESA PURBALINGGA LOR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PERILAKU SELF-INJURY PADA REMAJA PENGIDAP BIPOLAR DI DESA PURBALINGGA LOR Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto Desi Dwi Prastiwi 1717101056 ABSTRAK Perilaku self-injury merupakan suatu bentuk menyakiti diri sendiri yang dilakukan secara sengaja oleh individu yang bertujuan untuk mengatasi rasa sakit secara emosional dengan cara melukai dirinya sendiri. Perilaku self-injury bertujuan untuk mengubah emosi negatif menjadi emosi positif yang dirasakan oleh individu. Perasaan yang mudah berubah-ubah atau mood swing yang dimiliki oleh pelaku self-injury sama halnya dengan individu penderita bipolar. Karena gagi kalangan penderita bipolar memiliki keterbatasan dalam mengelola perasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku self-injury terkait bentuk perilaku self-injury, faktor penyebab self-injury, solusi untuk perilaku self-injury. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini dijadikan sebagai sumber informasi yaitu subjek utama (QA) dan subjek pendukung (KI dan AE). Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran bentuk self-injury yang dilakukan oleh subjek yaitu menyayat permukaan kulit tangan, menjambak rambut, menampar wajah yang dilakukan secara berulang-ulang. Self-injury dilakukan ketika subjek sedang mengalami emosi negatif pada situasi kesendirian. Faktor penyebab self-injury pada subjek yaitu trauma masa lalu dengan ibunya ketika subjek memiliki kesalahan maka akan mendapat hukuman oleh ibunya dan kehilangan sosok ayah karena meninggal dunia. Solusi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pihak keluarga memberikan pengobatan secara medis terhadap subjek guna untuk menadapatkan penanganan khusus dari ahlinya untuk kesembuhan diri subjek. Kata kunci : Perilaku self-injury, Remaja, Bipolar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Self-injury, Remaja, Bipolar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 140 Specific philosophical schools > 144 Humanism and related systems
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Desi Dwi Prastiwi
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:47
Last Modified: 01 Feb 2023 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18145

Actions (login required)

View Item View Item