IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PIDATO DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN BERBAHASA DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH BANGSA KEBASEN BANYUMAS

khasanah, Ulfatun (2020) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PIDATO DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN BERBAHASA DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH BANGSA KEBASEN BANYUMAS. Masters thesis, Universitas Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ULFATUN KHASANAH_IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PIDATO.docx.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: https://jurnaleducreative.com/index.php/edu

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih jarangnya mahasiswa UINSAIZU Purwokerto yang meneliti domain psikomotor, kelancaran berbahasa dan kepercaaan diri siswa MI Islamiyah Bangsa Kebasen Banyumas yang cukup baik, dan seringnya MI Islamiyah Bangsa Kebasen Banyumas mendapat kejuaraan dalam lomba AKSIOMA maupun PORSEMA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalis implementasi ekstrakurikuler pidato dalam menunjang keterampilan berbahasa di MI Islamiyah Bangsa Kebasen Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif research (penelitian kualitatif lapangan) dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalasis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik analisis datanya menggunakan konsep Miles And Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ekstrakurikuler pidato di MI Islamiyah Bangsa Kebasen Banyumas dilakukan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, 2) ekstrakurikuer pidato dilaksanakan dengan pembelajaran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis melalui 5 tahap pembelajaran psikomotor yaitu imitasi, manipuasi, presisi, artikulasi, dan naturalisasi menghasilkan 3 kategori hasil belajar psikomotor yaitu spesific responding, motor chaining, dan rule using . 3) Implikasi dari ekstrakurikuler pidato bagi siswa adalah meningkatnya keterampilan dan kepercayaan diri siswa dalam berbahasa atau berkomunikasi, menggunakan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat, meningkatnya daya imajinasi, perbendaharaan kosakata bertambah, bagi madrasah yaitu mengharumkan nama madrasah dengan berbagai kejuaraan tingkat kecamatan maupun kabupaten dalam lomba AKSIOMA maupun PORSEMA yang berimplikasi pada meningkatnya jumlah murid dan kepercayaan masyarakat terhadap MI Islamiyah Bangsa Kebasen Banyumas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Standard usage Applied linguistics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Ulfatun Khasanah
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:27
Last Modified: 01 Feb 2023 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18136

Actions (login required)

View Item View Item