NILAI-NILAI DAKWAH PADA KONTEN AKUN TIKTOK @syam_elmarusy (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES )

Faoziyah, Sufiyana (2023) NILAI-NILAI DAKWAH PADA KONTEN AKUN TIKTOK @syam_elmarusy (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES ). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KPI_1717102106_FAOZIYAH SUFIYANA_.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdakwah di media sosial sangat mudah dalam menjangkau para Mad’u. Sehingga pesan dalam dakwah dapat tersalurkan secara efektif dan efisien. Salah satu media sosial yang sedang digandrungi oleh kalangan masyarakat yaitu aplikasi TikTok, platform video musik dan jejaring media sosial. Akun TikTok @syam_elmarusy ialah akun yang menyebarkan konten dakwah. Pengikut atau followers akun @syam_elmarusy merupakan anggota atau komunitas virtual. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang dakwah di media sosial melalui akun TikTok @syam_elmarusy. Penelitian ini menggunakan penelitian literer dengan pendekatan teori semiotika. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai dakwah yang terdapat dalam setiap postingan dari akun @syam_elmarusy serta mengetahui bagaimana pemaknaan berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk nilai dakwah dalam postingan @syam_elmarusy nilai dakwah yaitu yang mencakup pada tiga pesan dakwah akhlak yaitu postingan (Jangan Duduk Disini mengandung makna pesan akhlak terpuji sopan santun, Review Hartanya Dong? Mengandung makna pesan akhlak terpuji qonaah, Meminta-minta mengandung makna pesan dakwah tolongmenolong) dan tiga pesan dakwah syari’ah (Tata Cara Tayamum mengadung nilai dakwah kebersihan, Kapan Waktu Membaca Al-Fatihah mengandung makna pesan dakwah menjaga persatuan, Doa Qunut mengandung makna nilai dakwah kompetisi). Secara umum nilai konotasi dan denotasi merupakan makna tersirat dalam sebuah peristiwa atau pesan yang disampaikan secara tidak langsung. @syam_elmarusy mengajarkan cara hidup dengan sandaran Islam. Kata Kunci: Dakwah, TikTok, Nilai-nilai Dakwah, Semiotika Roland Barthe

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dakwah, TikTok, Nilai-nilai Dakwah, Semiotika Roland Barthes
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Faoziyah Sufiyana
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:39
Last Modified: 31 Jan 2023 09:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18133

Actions (login required)

View Item View Item