ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL PADA IKLAN SIRUP MARJAN VERSI RAMADHAN 1443 H (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE).

ELFANIDA, ZAHRA (2023) ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL PADA IKLAN SIRUP MARJAN VERSI RAMADHAN 1443 H (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Elfanida Zahra_Islam san Kearifan Lokal pada Iklan Sirup Marjan Versi Ramadhan 1443 H (Analisis Semiotika John Fiske).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Negara Indonesia merupakan suatu negara yang mayoritas jumlah penduduknya memeluk ajaran agama Islam. Pada tahun 2021 data sensus penduduk tercatat 86,93% atau 238,09 juta jiwa penduduk beragama Islam. Bulan Ramadan membuat para manusia berlomba lomba dalam kebaikan, seperti halnya banyak yang berusaha menyelesaikan bacaan Al-Qur‟an selama bulan Ramadan, mendirikan salat sunah, bersedekah pada yang kurang mampu. Melihat fenomena yang terjadi, para perusahaan juga berlomba lomba untuk menjual produknya ditengah ramainya orang menyambut datangnya bulan Ramadan. Kearifan lokal adalah nilai nilai budaya yang banyak dianut oleh masyarakat, baik berupa cerita, dongeng, kuliner dan sebagainya. Varian rasa yang berbeda dan warna yang menggiurkan serta rasa yang manis membuat semua usia dari anak anak, remaja, dewasa hingga lansia menyukai minuman tersebut. Harganya yang cukup terjangkau membuat semua kalangan dari kalangan atas, kalangan menengah, hingga kalangan menengah ke bawah dapat membeli sirup Marjan tersebut. Perusahaan sirup Marjan kerap kali memproduksi iklan dengan mengangkat kearifan lokal dari suatu budaya, semakin membuat para penonton televisi penasaran dan selalu menantikan tayangan iklan tersebut. Tidak lupa di setiap akhir tayangan iklan terdapat jargon yang menjadi kebanggan kualitas produk tersebut. Analisis yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika John Fiske, dimana objek penelitian tersebut adalah iklan sirup Marjan dengan menganalisis kearifan lokal yang di tinjau melalui level realitas, level representasi dan level ideologi dalam iklan tersebut. Level Realitas,yaitu melingkupi aspek penampilan, lingkungan, gerak tubuh, ekspresi. Level Representasi, iklan sirup Marjan “Dewi Sri Sang Pelindung” yaitu kode-kode di iklan yang merepresentasikan budaya tercemin melalui aspek kamera, pencahayaan, musik dan suara. Level Ideologi, terdapat ideologi kearifan lokal, keselarasan, dan moralitas. Kearifan lokal adalah bagian pada suatu budaya masyarakat yang diwariskan secara turun temurun pada satu generasi ke generasi, sehingga sifatnya tidak dapat dipisahkan pada bahasa masyarakat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islam, Kearifan Lokal, Analisis semiotika, Semiotika John Fiske.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.01 Philosophy and Theory of Islam
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Elfanida Zahra sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:24
Last Modified: 31 Jan 2023 07:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18115

Actions (login required)

View Item View Item