EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA MA'ARIF NU 1 CILONGOK BANYUMAS

Umi Isna, Nur Laeli (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA MA'ARIF NU 1 CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Umi Isna Nur Laeli_Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di MA Ma'arif NU 1 Cilongok Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dalam proses pembelajaran aktif yang dapat berpotensi mengembangkan intelektual, kepribadian, agama, keterampilan dan akhlak yang mulia, dalam pelaksanaannya terdapat proses belajar dimana didalamnya ada interaksi antara guru dan peserta didik. Proses belajar tidak terlepas dari kegiatan evaluasi pembelajaran. bahasa Arab merupakan bahasa yang banyak terdapat dalam materi keagamaan, oleh karena itu bahasa Arab dijadikan mata pelajaran di Madrasah, mulai dari Madrasah Ibtida’iyyah, Madrasah Tsanawiyyah, dan Madrasah Aliyah. Terlepas dari itu banyak yang beranggapan bahwa kegiatan evaluasi pembelajaran bahasa Arab hanya fokus terfokus pada aspek kognitif (pengetahuan) peserta didik saja, selain itu pelaksanaan evaluasi pembelajaran juga memiliki tahapan-tahapan dalam pelaksanaanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MA Ma’arif NU 1 Cilongok Banyumas, sedangkan subjek dari penelitian ini adalah Guru mata pelajaran bahasa Arab, Kepala Sekolah dan peserta diidik di MA Ma’arif NU 1 Cilongok Banyumas. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik diantaranya wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data adalah model Miles dan Hubermen yang berisi aktivitas analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung sampai tuntas. Hasi penelitian ini menunjukan bahwa evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di MA Ma’arif NU 1 Cilongok Banyumas melalui beberapa tahap, yaitu tahap penyusunan dan perancanaan tujuan, tahap penetapan kriteria, tahap penetapan alat ukur, tahap penentuan keberhasilan (interprestasi), dan tahap penyusunan rekomendasi dan saran. Evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MA Ma’arif NU 1 Cilongok Banyumas dapat dikatakan berhasil karena guru melaksanakan evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan langkah-langkah tersebut. Namun dalam pelaksanaannya guru lebih dominan pada aspek kognitif (pengetahuan) peserta didik saja karena guru berasumsi bahwa tujuan utama kegiatan pembelajaran bahasa Arab ialah pada pemahaman atau pengetahuan peserta didik terhadap materi bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi , Pembelajaran Bahasa Arab, MA Ma'arif NU 1 Cilongok Banyumas
Subjects: 400 Language > 406 Organizations and management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UMI ISNA ISNA NUR LAELI sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:32
Last Modified: 31 Jan 2023 09:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18104

Actions (login required)

View Item View Item