Muhammad Syarif, Hidayahtullah (2023) KOMPLEKSITAS PELAYANAN PELIMPAHAN NOMOR PORSI CALON JEMAAH HAJI (Studi Pada Unit Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga 2022). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
MUHAMMAD SYARIF H.T_KOMPLEKSITAS PELAYANAN PELIMPAHAN NOMOR PORSI CALON JEMAAH HAJI STUDI PADA UNIT PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMROH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA PURBALINGGA 2022.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
KOMPLEKSITAS PELAYANAN PELIMPAHAN NOMOR PORSI CALON JEMAAH HAJI (STUDI PADA UNIT PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMROH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PURBALINGGA) Oleh: Muhammad Syarif Hidayah Tullah 191703032 Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto Kebutuhan berbagai layanan haji semakin kompleks terutama di pelimpahan nomor porsi haji. Kompleksitas pelayanan haji tercermin dari banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh otoritas atau unit penyelenggara haji, seperti waktu, jarak dan akses perjalanan yang cukup sulit, banyak biaya diberikan oleh jamaah yang menerima delegasi bagian untuk mengurus perlengkapan SPPH (surat pendaftaran pergi haji). Hal ini menimbulkan suatu yang kompleks atau kerumitan menyangkut berbagai hal, diantaranya alur informasi, pembuat keputusan, wewenang dan lain sebagainya. Penelitian yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengetahui kompleksitas pelayanan pelimpahan nomor porsi calon jemaah haji (Studi pada Unit Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga). Penelitian ini menggunakan teori standar pelayanan dan kualitas pelayanan, penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang sifanya deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Unit Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga masih terjadi kompleksitas seputar pelimpahan porsi. Kompleksitas Pelayanan Pelimpahan Porsi di PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga terbagi menjadi 3 yaitu Kompleksitas jemaah pelimpahan, kompleksitas PHU, Kompleksitas Kanwil. Salah satu contohnya adalah kurang sinkronnya surat keterangan sehat dari rumah sakit, lokasi pelimpahan yang jauh, lokasi ahli waris yang jauh, dokumen penerima pelimpahan yang hilang, dan lain lain. Terjadinya kompleksitas di PHU Purbalingga disebabkan oleh penyerapan informasi dari masyarakat yang kurang baik dan kurangnya sosialisasi dari pihak kemenag setiap bulan. Kata Kunci : Kompleksitas, Pelayanan, Unit Penyelenggaraan Haji
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompleksitas, Pelayanan, Unit Penyelenggaraan Haji |
Subjects: | 300 Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Muhammad Syarif Hidayatullah sdr |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 09:28 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 09:28 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18091 |
Actions (login required)
View Item |