PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MA'ARIF NU 01 KARANGKEMIRI BANYUMAS

Astri, Wurianingsih (2023) PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MA'ARIF NU 01 KARANGKEMIRI BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Astri Wurianingsih_Penerapan Metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Ma'arif NU 01 Karangkemiri Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Dengan adanya metode, proses belajar mengajar akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Ma’arif NU 01 Karangkemiri Banyumas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Ma’arif NU 01 Karangkemiri Banyumas. Dengan subjek penelitian adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI, dan peserta didik kelas VI. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memiliki beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat menarik perhatian siswa dan menambah semangat peserta didik dalam belajar, sehingga metode mind mapping efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Ada beberapa kendala dalam penerapan metode mind mapping yaitu kurangnya peralatan pendukung, waktu pembelajaran yang singkat, dan suasana kelas kurang tenang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Mind Mapping, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.6 Perkembangan Islam di berbagai negeri setelah 1800
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Astri Wurianingsih sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:22
Last Modified: 31 Jan 2023 09:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18077

Actions (login required)

View Item View Item