METODE PEMBELAJARAN FI’IL MU’TAL DALAM BAHASA ARAB

HISAM AHYANI, 092332028 (2015) METODE PEMBELAJARAN FI’IL MU’TAL DALAM BAHASA ARAB. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
Hisam Ahyani_METODE PEMBELAJARAN FI’IL MU’TAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah adanya berbagai Perubahan dari satu huruf kehuruf yang lain yang dalam hal ini adalah Fi’il Mu’tal. Fi’il Mu’tal sangatlah urgen mengingat bahwa orang atau anak yang mempelajari bahasa arab terutama bidang sharaf, ini dikarenakan perubahan huruf dalam kata tersebut menjadikan mudahnya pelafadzan/pembacaan dan pema’naan dalam kalimat. Dalam proses belajar mengajar tanpa menggunakan metode, maka tidak akan maju dan berkembang serta akan kesulitan didalam mencapai sebuah tujuan yang diharapkan dari proses belajar mengajar tersebut. Berangkat dari permasalahan inilah penulis berkeinginan memaparkan Fi’il Mu’tal, makna-maknanya dan penggunaannya dalam kalimat. Selain mendeskripsikan tentang makna-maknanya dan penggunaannya didalam kalimat, agar pikiran ilmiah ini tidak hanya bermanfaat bagi anak didik, tapi juga pendidik atau calon guru bahasa arab, penulis juga berkeinginan memaparkan metode pembelajaran bahasa arab dan menganalisa metode pembelajaran sharaf yang dispesifikan pada materi Fi’il Mu’tal dan tentunya metode pembelajaran yang digunakan adalah metode yang sangat relevan untuk masa kini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Fi’il Mu’tal dan menganalisa metode apa yang tepat, efesien untuk pembelajaran Fi’il Mu’tal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan data-data yang menunjang. Dalam penelitian ini terdapat menyajikan data dari berbagai sumber-sumber buku yang relevan sekaligus menganalisa dari mulai karakteristik Fi’il Mu’tal hingga menemukan metode yang tepat untuk pembelajaran Fi’il Mu’tal. Penelitian ini juga berisi berbagai pendekatan pembelajaran Fi’il Mu’tal, juga berbagai macam dasar pertimbangan pemilihan metode pembelajaran Fi’il Mu’tal. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah mengumpulkan buku-buku yang relevan sehingga dalam menganalisisnya dapat disimpulkan dengan mudah. Fi’il mu’tal ini dapat dikatakan memiliki karakteristik rumit, maka dalam pembelajaran Fi’il Mu’tal ini perlu banyak hafalan yang memungkinkan siswa dapat menguasai materi Fi’il Mu’tal ini, akan tetapi perlu diketahui dalam proses belajar mnegajar tidak boleh adanya penekanan dikarenakan ini akan menjadikan psikis siswa menjadi lemah. Untuk itu penulis menganggap metode Memperhatikan Situasi (Situation Method sebagai jawabannya. Metode ini diterapkan untuk membantu siswa dalam mempelajari Sharaf, khususnya materi Fi’il Mu’tal. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Fi’il Mu’tal, Pendekatan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 07 Dec 2016 03:26
Last Modified: 07 Dec 2016 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item View Item