PROBLEM PSIKOLOGIS ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI TUNJUNG JATILAWANG BANYUMAS)

Melly Indah, Rahmawati (2023) PROBLEM PSIKOLOGIS ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI TUNJUNG JATILAWANG BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Melly Indah Rahmawati_Problem Psikologis Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di Tunjung Jatilawang Banyumas)-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehadiran sang buah hati merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh pasangan suami istri untuk melengkapi kebahagiaan dalam kehidupan. Terlebih, hadirnya seorang anak yang bertumbuh dan berkembang dengan baik dari sisi psikologis maupun fisiologis. Namun, tidak semua orang tua memiliki anak yang sangat diidamkannya. Adanya anak yang terlahir tidak normal menimbulkan permasalahan pada psikologis orang tua. Problem psikologis yang muncul pada orang tua anak berkebutuhan khusus lazim terjadi karena mempunyai anak yang tidak sesuai dengan harapan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problem psikologis orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Desa Tunjung Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas dan mengetahui bagaimana upaya orang tua anak berkebutuhan khusus dalam mengatasi problem psikologis tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian ini adalah orang tua anak berkebutuhan khusus yaitu pasangan K dan S, pasangan K dan W serta pasangan D dan W di Desa Tunjung, Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi dan wawancara, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menganalisis data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus mempunyai problem psikologis masing-masing, seperti merasa tertekan, sedih, kaget, perasaan bersalah, rendah diri, malu, merasa kecewa kepada Tuhan dan problem penerimaan diri. Upaya yang dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi problem psikologis tersebut yaitu pasrah dan menerima akan kondisi anaknya serta mengambil hikmah atas apa yang diberikan Allah Swt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Psikologis, Orang Tua, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Melly Indah Rahmawati
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:18
Last Modified: 31 Jan 2023 09:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18066

Actions (login required)

View Item View Item