DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA BURUH PABRIK (Studi Di Desa Kalitinggar Kidul, Padamara, Purbalingga)

SAHLU ASYA, PUTRI (2023) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA BURUH PABRIK (Studi Di Desa Kalitinggar Kidul, Padamara, Purbalingga). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA BURUH PABRIK (Studi Di Desa Kalitinggar Kidul, Padamara, Purbalingga).

[img]
Preview
Text
SAHLU_DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sebuah ikatan pernikahan antara lain bertujuan untuk memperoleh keturunan, beribadah kepada Allah SWT dan mewujudkan kehidupan rumah tangga yang sakīnah, mawaddah, dan raḥmah (tentram, cinta dan kasih sayang). COVID-19 menjadi permulaan kekacauan terhadap beberapa sektor kehidupan manusia. Selain membawa dampak negatif bagi kesehatan, wabah ini juga berpengaruh terhadap aspek ekonomi dan sosial. Akibatnya banyak perusahaan yang melakukan PHK kepada para pekerjanya yang mengakibatkan banyak orang kehilangan pekerjaan. Selain itu, pandemi COVID-19 juga sangat berpengaruh terhadap keharmonisan keluarga buruh pabrik yang ada di Desa Kalitinggar Kidul Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab permasalahan, yaitu bagaimana dampak pandemi COVID-19 terhadap keharmonisan keluarga buruh pabrik di Desa Kalitinggar Kidul Kec. Padamara Kab. Purbalingga. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di kancah atau medan terjadinya gejala. Pendekatan yang digunakan adalah normatif sosiologis. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara. Sedangkan data sekunder yang peneliti gunakan adalah buku, jurnal, internet, dan skripsi yang terkait dengan skripsi ini. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pandemi COVID-19 berpengaruh terhadap keharmonisan keluarga buruh pabrik di Desa kalitinggar Kidul Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Ada dua faktor yang mempengaruhi kondisi keharmonisan keluarga buruh pabrik ter-PHK pada saat pandemi COVID-19, yang pertama faktor pendukung keluarga tetap harmonis, yaitu adanya rasa tanggung jawab seebagai suami, dukungan dari istri dan anaknya. Kedua, faktor peghambat keharmonisan keluarga, yaitu kurangnya waktu bersama, kurangnya problem solving/resolusi konflik, kurangnya keahlian/kreativitas, dan pemberian bantuan sosial yang tidak tepat sasaran. Kemudian dampak yang dirasakan keluarga buruh pabrik karena adanya pandemi COVID-19 adalah ketidak stabilan ekonomi, stres, berselisih paham/cekcok, perceraian dan semakin harmonis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Harmonis, PHK (Pemutusan Hubungan Kerja)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Sdri Syahlu Asya Putri
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:57
Last Modified: 31 Jan 2023 08:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18040

Actions (login required)

View Item View Item