BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA KELAS 1 DI SD MUHAMMADIYAH CIPETE BANYUMAS

VADA AFRILIA, KUSWORO (2023) BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA KELAS 1 DI SD MUHAMMADIYAH CIPETE BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
VADA AFRILIA KUSWORO_ BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA KELAS 1 DI SD MUHAMMADIYAH CIPETE BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak berhak untuk dididik dan dirawat menjadi yang bertakwa dan berkarakter yang baik dan islami. Karena anak diharapkan dapat menjadi penolong bagi orangtua ketika mereka sudah dewasa dan penolong bagi orangtua nya kelak di akhirat. Sehingga perlu usaha membina yang ditujukannya kepada anak semenjak lahir hingga berusia 6-7 tahun yang dilaksanakan dengan memberi stimulus pendidikan yang memfokuskan kepada peletakkan landasan menuju arah tumbuh kembang jasmani maupun rohani sang anak.Upaya guna untuk pengembangan karakter sang anak yaitu dengan diberikannya bimbingan keagamaan yang pengajarannya mengacu terhadap Al-Quran dan Sunnah nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Bimbingan Keagamaan Untuk Pengembangan Karakter Islami Pada Siswa Kelas 1 Di SD Muhammadiyah Cipete Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Subjek dipenelitian ini adalah guru kelas 1 SD Muhammadiyah Cipete Banyumas yang bernama Bu Tati wali kelas 1A, Bu Lida wali kelas 1B dan Bu Arum wali kelas 1C. Proses perolehan data penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara, lalu dilanjutkan dengan menganalisis data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa kelas 1 mendapatkan bimbingan keagamaan untuk mengembangkan karakter islami dengan adanya perubahan karakter seperti sopan santun, bersikap empati dan saling menolong kepada sesama dan lebih disiplin dalam hal ibadah dan menghormati orangtua. Bimbingan keagamaan yang diberikan adalah Buletin Pagi berupa cerita-cerita para Nabi atau cerita suri tauladan, lalu ada hafalan surah pendek dan hadis pendek. Kemudian melaksanakan Sholat Dhuha dan Sholat Dzuhur secara berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Pengembangan Karakter Islami
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.6 Cerita-Cerita Hadits
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: VADA AFRILIA KUSWORO
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:49
Last Modified: 31 Jan 2023 08:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18025

Actions (login required)

View Item View Item