PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI RAUDHATUL ATHFAL DIPONEGORO 143 KALITAPEN KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Siti Zulaehah, 092338144 (2015) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI RAUDHATUL ATHFAL DIPONEGORO 143 KALITAPEN KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SITI ZULAEHAH_PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI RAUDHATUL ATHFAL DIPONEGORO 143 KALITAPEN PURWOJATI BMS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I , BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran memegang peran yang penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran Nilai Agama dan Moral merupakan salah satu bidang pengembangan kemampuan dasar pada pendidikan anak usia dini. Penelitian dilaksanakan di RA Diponegoro 143 Kalitapen Kecamatan Purwojati Banyumas karena siswanya memiliki kemampuan dalam bidang keagamaan dan memiliki kebiasaan, adab dan sopan santun yang baik. Penelitian tentang Penggunaan Media Pembelajaran Bidang Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral di RA Diponegoro 143 Kalitapen Kecamatan Purwojati Banyumas, fokus penelitiannya adalah “Bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran Bidang Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral di RA Diponegoro 143 Kalitapen Kecamatan Purwojati Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015?” Dalam Penelitian ini digunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitiannya adalah guru, kepala dan siswa RA. Objeknya adalah media pembelajaran bidang Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral di RA Diponegoro 143 Kalitapen Kecamatan Purwojati Banyumas. Metode pengumpulkan data: (1) Metode Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang media yang ada dan penerapan media pembelajaran Nilai Agama dan Moral anak usia dini, (2) Metode Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penerapan media pembelajaran, (3) Metode Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah berdiri, keadaan siswa, guru, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan evaluasi Pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Pembelajaran Bidang Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral di RA Diponegoro 143 Kalitapen Kecamatan Purwojati Banyumas sudah dilaksanakan dengan langkah-langkah yang tepat. Media yang digunakan antara lain gambar tata cara wudhu, gambar tata cara shalat, tulisan bacaan do‟a shalat, tulisan huruf Hijaiyyah, VCD yang digunakan untuk menampilkan lagu “a ba ta”,dan lain-lain. Selain media itu, guru juga menggunakan iqra‟, jus „amma, boneka tangan dan buku cerita bergambar, dan lingkungan sekitar RA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Bidang Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral,
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:15
Last Modified: 06 Dec 2016 02:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item View Item