Pengembangan Karakter Empati Anak Usia Dini Melalui Media Fabel Di RA Diponegoro Blater Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga

Apriliani Dian, Nurfitri (2022) Pengembangan Karakter Empati Anak Usia Dini Melalui Media Fabel Di RA Diponegoro Blater Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, UIN PROF.K.H.SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Skripsi Revisi Apriliani Dian Nurfitri (Parafrase)-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Empati merupakan suatu emosi pada anak yang mampu melihat kesusahan orang lain. menurut Golemen kemampuan empati adalah kemampuan untuk mengetahui setiap hubungan emosional anak dalam upayanya untuk menyesuaikan emosionalnya dengan emosional orang lain. Anak usia dini adalah merupakan sosok individu yang sedang menyiapkan masa perkembangan sampai dengan usia 0 -8 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan karakter empati anak usia dini melalui media fabel di RA Diponegoro Blater Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan teknik ananlisis data yang digunakan pada analisis data kualitatif adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. teknik tersebut digunakan untuk penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskriptif yang disajikan dalam penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa pengembangan karakter empati anak melalui media fabel anak dapat mengembangkan karakter empatinya sesuai tahapan usianya. anak nantinya akan memperoleh kesenangan dan mendapatkan kenikmatan. ketika membaca atau mendengarkan cerita. anak juga dapat mengembangkan imajinasinya, anak akan lebih memahami kehidupan sosial anak akan lebih menyayangi binatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Empati, Anak Usia Dini, Media Fabel
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Apriliani Dian Nurfitri sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:09
Last Modified: 31 Jan 2023 08:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17985

Actions (login required)

View Item View Item