PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, MOTIVASI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO (STUDI KASUS NASABAH PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO)

Pohan, Komsaria (2023) PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, MOTIVASI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO (STUDI KASUS NASABAH PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Komsaria Pohan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Terlepas dari masa pandemi yang sulit kini dunia terutama Indonesia sedang diguncangkan dengan isu resesi global. Ancaman dari resesi dan pasca pandemi covid-19 membuat kesadaran masyarakat terhadap investasi terus meningkat. Salah satunya adalah berinvestasi dalam bentuk emas. Tabungan emas pegadaian merupakan salah satu produk pegadaian yang memberikan kemudahan investasi emas dengan cara menabung. Keputusan nasabah untuk membuka rekening tabungan emas pegadaian tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah promosi, kualitas pelayanan, motivasi nasabah, serta lokasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas pelayanan motivasi dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk tabungan emas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif serta terdapat 23.803 populasi pada penelitian ini dan menggunakan sampel non probability sampling dengan teknik insidental dan dihitung menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sebesar 100 responden yang tercatat sebagai nasabah PT. Pegadaian Cabang Purwokerto. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh promosi memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan sebesar 0,032 < 0,05 yang artinya berpengaruh terhadap keputusan pembelian, motivasi 0,025 < 0,05 yang artinya berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan lokasi 0,019 < 0,05 yang artinya lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan begitu juga dalam bentuk simultan promosi, kulaitas pelayanaa, motivasi dan lokasi sebesar F hitung 48.385 > F tabel 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bhawasanya promosi, kualitas pelayana, motivasi dan promosi bersam-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Promosi, Kualitas Pelayanan, Motivasi, dan lokasi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Komsari pohan sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:58
Last Modified: 13 Feb 2023 08:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17957

Actions (login required)

View Item View Item