MEKANISME PENGELOLAAN AIR LIMBAH DALAM PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUMAS NOMOR 8 TAHUN 2018 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI KASUS PENGELOLAAN LIMBAH PABRIK TAPIOKA DI DESA GUMELAR KECAMATAN GUMELAR)

Nagia, Ariyani (2023) MEKANISME PENGELOLAAN AIR LIMBAH DALAM PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUMAS NOMOR 8 TAHUN 2018 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI KASUS PENGELOLAAN LIMBAH PABRIK TAPIOKA DI DESA GUMELAR KECAMATAN GUMELAR). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NAGIA ARIYANI_MEKANISME PENGELOLAAN AIR LIMBAH DALAM PERDA KABUPATEN BANYUMAS NOMOR 8 TAHUN 2018 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (Studi Kasus Pengelolaan Limbah Pabrik Tapioka di Desa Gumelar Kec Gumelar).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

MEKANISME PENGELOLAAN AIR LIMBAH DALAM PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUMAS NOMOR 8 TAHUN 2018 PERSPEKTIF MAS}LAH}AH MURSALAH (Studi Kasus Pengelolaan Limbah Pabrik Tapioka di Desa Gumelar Kecamatan Gumelar) ABSTRAK Nagia Ariyani NIM. 1817303028 Jurusan Hukum Tata Negara, Program Studi Hukum Tata Negara Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Setiap regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah idealnya harus mampu mewujudkan kemaslahatan bagi masyarakat. Dikeluarkannya Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 8 Tahun 2018 dilatar belakangi karena adanya pencemaran air yang terjadi di wilayah Kabupaten Banyumas. Salah satunya pencemaran air yang terjadi di Desa Gumelar Kecamatan Gumelar. Pencemaran air yang terjadi di Desa Gumelar disebabkan karena pengelolaan air limbah pabrik tapioka yang tidak sesuai prosedur. Pada pengelolaanya air limbah pabrik tidak dilakukan penyaringan baku mutu limbah, tidak melakukan pengelolaan limbah baik secara alami (kolam stabilisasi) maupun secara buatan (IPAL). Selain itu, pemilik pabrik juga tidak memiliki izin pembuangan air limbah secara resmi. Air limbah yang masih mengandung beban pencemaran tinggi langsung dibuang ke Sungai. Hal tersebut menyebabkan Sungai tercemar, air sumur tercemar dan udara menjadi tidak sehat karena bau. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis, yakni penelitian yang bertujuan melihat hukum dalam artian nyata. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 8 Tahun 2018 sejalan dengan mas}lah}ah mursalah karena tujuan peraturan daerah tersebut berorientasi kepada kemaslahatan masyarakat. Sedangkan pengelolaan limbah di pabrik tapioka Desa Gumelar Kecamatan Gumelar tidak sejalan dengan konsep mas}lah}ah mursalah, karena pada realitanya proses pengelolaan limbah di pabrik tapioka tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 8 Tahun 2018 sehingga menyebabkan kemudharatan daruriyyat yang dapat membahayakan keselamatan manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: NAGIA ARIYANI
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:57
Last Modified: 31 Jan 2023 07:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17953

Actions (login required)

View Item View Item