AMALIA SHOLIHA, 1123302021 (2015) METODE EKLEKTIK DALAM KETRAMPILAN KITABAH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI KARANGANYAR PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.
Text
AMALIA SHOLIHA_METODE EKLEKTIK DALAM KETRAMPILAN KITABAH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs N KARANGANYAR PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (893kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari siswa kelas VII di MTs Negeri Karanganyar Purbalingga yaitu siswa lebih tertarik dalam ketrampilan kitabah dan siswa terlihat antusias dalam mengikuti pelajaran yang diberikan baik laithan kemahiran membentuk huruf atau kemahiran dalam mengungkapkan dengan tulisan serta guru dalam menyajikan bahan pelajaran dengan metode eklektik yaitu kombinasi dari berbagai metode yang dipakai. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Metode Eklektik dalam Ketrampilan Kitabah Pembelajaran Bahasa Arab kelas VII di MTs Negeri Karanganyar Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015?”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengdeskripsikan metode eklektik dalam ketrampilan kitabah kelas VII di MTs Negeri Karanganyar Purbalingga. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif.Dalam penelitian ini peneliti turun langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh informasi mengenai metode eklektik dalam ketrampilan kitabah pembelajaran bahasa Arab di kelas VII.Lokasi yang menjadi tempat penelitian adalah MTs Negeri Karanganyar Purbalingga.Dengan subjek meliputi guru mata pelajaran bahasa Arab kelas VII, siswa kelas VII dan Kepala Madrasah.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa guru bahasa Arab di kelas VII telah menggunakan metode eklektik yaitu siswa mendengarkan, menirukan yang diucapkan guru, dan menulis yang diucapkan guru, kemudian melakukan secara berulang-ulang, Guru melakukan secara bertahap dimulai dari mencontoh, menulis yang diucapkan guru (Imla‟), rekombinasi atau merangkai kalimat-kalimat (katakata) yang berdiri sendiri menjadi jumlah (kalimat) panjang, menterjemahkan kalimat-kalimat baris perbaris sesuai dengan kaidah bahasa Arab, membuat karangan atau insya secara terpimpin yang dibimbing oleh guru, dan memberikan latihanlatihan secara berulang-ulang agar siswa dapat memahami dan mengusai materi yang disampaiakan, dengan guru mengkombinasikan beberapa metode pembelajaran, seperti metode ceramah, metode audio lingual, metode imla‟, metode gramatika tarjamah, dan metode drill.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eklektik, Ketrampilan Kitabah |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 02:02 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:02 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1795 |
Actions (login required)
View Item |