Pendampingan Hadap Masalah Dalam Peningkatan Kemampuan Sosialisasi Anak Autis Di Yayasan Lokatara Bumiayu

Nurul, Asiroh (2023) Pendampingan Hadap Masalah Dalam Peningkatan Kemampuan Sosialisasi Anak Autis Di Yayasan Lokatara Bumiayu. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurul Asiroh_Pendampingan Hadap Masalah dalam Pendampingan Kemampuan Sosialisasi Anak Autis di Yayasan Lokatara Bumiayu.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya anak autis memiliki kesulitan sosialisasi dengan menggunakan metode menarik perhatian (joint attention) dan social reciprocity, anak dilatih untuk mengetahui nama-nama benda yang dalam keseharian sering dijumpai, melatih rangsangan anak saat dipanggil, dan mengajarkan anak mengetahui anggota tubuh, meningkatkan interaksi anak dengan lingkungannya maupun di luar itu. Dengan demikian kosa kata anak menjadi lebih banyak karena belajar dari interaksi tersebut. Jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data di lakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini di lakukan oleh tiga subyek yang merupakan orang tua anak autis dan terapis di Yayasan Lokatara Bumiayu. Hasil penelitian yang di dapat adalah menunjukkan reaksi ketiga subyek anak autis pada saat mengikuti terapi hadap masalah yaitu masih kurang terlihat respon dari Fatih & Khabibi apabila di panggil dan enggan mengatakan apa kemauan mereka, proses terapi harus dilakukan secara terus-menerus tidak cukup hanya sekali, dilihat dari kontak matanya Fatih dan Khabibi sangat susah memperhatikan. Sedangkan Amar, sudah mengalami perubahan dikarenakan Amar memiliki kemauan yang besar. Hal tersebut terlihat saat pra terapi, Amar dapat memperhatikan, kontak matanya bisa fokus terhadap lawan bicaranya sehingga pasca terapi Amar sudah mengalami perkembangan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Autis, joint attention, social reciprocity.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Asiroh
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:51
Last Modified: 31 Jan 2023 07:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17942

Actions (login required)

View Item View Item