ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V MI Ya BAKII KALISABUK 03

Nadia, Kurniawati (2023) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V MI Ya BAKII KALISABUK 03. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_NADIA KURNIAWATI_1817405033.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang peneliti lakukan memiliki tujuan untuk menganlisis serta mengetahui kesulitan peserta didik dalam mengerjakan soal cerita matematika pada materi pecahan di kelas V MI Ya BAKII Kalisabuk 03. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu kesulitan peserta didik dalam mengerjakan soal cerita matematika materi pecahan di kelas V. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas V MI Ya BAKII Kalisabuk 03. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas V memiliki kesulitan dalam mengerjakan soal cerita matematika materi pecahan yang beragam. Dari 26 peserta didik diketahui terdapat 9 peserta didik memiliki kemampuan tingkat tinggi, 11 peserta didik tingkat sedang dan 6 peserta didik tingkat rendah. Peserta didik dengan kemampuan tinggi tidak mengalami kesulitan apapun. Peserta didik dengan kemampuan sedang mengalami kesulitan mengeksplorasi dan menyusun strategi. Peserta didik dengan kemampuan rendah memiliki kesulitan pada setiap tahapan menyelesaikan soal cerita. Kata kunci : Kesulitan belajar, soal cerita, matematika pecahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, soal cerita, matematika pecahan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Kurniawati sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:30
Last Modified: 31 Jan 2023 04:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17887

Actions (login required)

View Item View Item