STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG SATUAN BERAT KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Sri Indah, Darmaningrum (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG SATUAN BERAT KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SRI INDAH DARMANINGRUM_1817405133.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Guru SD Negeri 3 Tambaksogra sudah melakukan berbagai strategi untuk mengatasi kesulitan belajar, tetapi masih terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan belajar..Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik, jenis kesulitan belajar peserta didik, dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Matematika operasi hitung satuan berat di SD Negeri 3 Tambaksogra. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan subjeknya guru dan 5 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada materi operasi hitung satuan berat. Pertama, menjelaskan ulang materi pembelajaran digunakan guru untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik yang belum mampu dalam pengusaan konsep dengan benar dan penggunaan data dengan benar. Kedua, memberikan PR setiap hari kepada peserta didik digunakan guru untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik yang belum terampil melakukan operasi hitung. Ketiga, garis bilangan digunakan guru untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik yang belum terampil melakukan operasi hitung satuan berat dan peserta didik yang masih bingung ketika mengubah satuan berat. Jenis kesulitan yang belajar yang dialami peserta didik adalah kesulitan memahami soal cerita, mengubah satuan berat, ketidakmampuan penguasaan konsep dengan benar, ketidakmampuan menggunakan data dengan benar, dan ketidakcermatan melakukan operasi hitung. Faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik adalah kurangnya pemahaman peserta didik pada materi operasi hitung satuan berat, dan motivasi belajar peserta didik yang rendah. Faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik adalah orang tua kurang peduli terhadap proses belajar anak ketika di rumah dan pembelajaran daring di tingkat kelas sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Matematika, Operasi Hitung
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Indah Darmaningrum sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:58
Last Modified: 31 Jan 2023 03:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17853

Actions (login required)

View Item View Item