IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS RENDAH DI MI NEGERI PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Isnaini Faizah, 092331075 (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS RENDAH DI MI NEGERI PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ISNAINI FAIZAH_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS RENDAH DI MI N PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Derasnya arus perubahan, glombang globalisasi dan trend semakin menambah kekhawatiran pada merosotnya karakter bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi muda dan masa depan bangsa. Maka dari itu penyeimbangan mutu pendidikan dengan perkembangan globalisasi saat ini dirasakan sangatlah penting, hal ini dikarenakan pendidikan merupakan kebutuhan yang wajib ada dalam kehidupan manusia dalam rangka membangun karakter masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, MI Negeri Purwokerto merupakan madrasah yang menerapkan pendidikan karakter secara continue dan tersistem sesuai dengan rencana program pembentukan karakter yang sudah ditetapkan oleh guru dan stakeholders-nya.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter pada kelas rendah di MI Negeri Purwokerto tahun pelajaran 2013/2014? Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Negeri Purwokerto. Penyajian data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Perolehan data dilakukan dengan menggali informasi dari sumber data yaitu dari kepala madrasah, guru kelas dan peserta didik dengan pengamatan penulis secara langsung. Adapun Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan menyajikan data. Hasil penelitian ini implementasi pendidikan karakter yang dilakukan di MI Negeri Purwokerto ini melalui pengembangan budaya sekolah (yakni kegiatan rutin/ pembiasaan, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, dan kegiatan pengkondisian/conditioning), kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan keseharian di rumah. Kemudian semua kegiatan tersebut diinternalisasikan dengan 9 nilai karakter dari Indonesia Heritage Foundation (IHF).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, MI Negeri Purwokerto, kelas rendah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Dec 2016 07:56
Last Modified: 05 Dec 2016 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item View Item