LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM PENYESUAIAN DIRI SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN MODREN ZAMZAM INTEGREATED ISLAMIC SCHOOL

Mochamad, Ikbal (2023) LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM PENYESUAIAN DIRI SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN MODREN ZAMZAM INTEGREATED ISLAMIC SCHOOL. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mochamad Ikbal_LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM PENYESUAIAN DIRI SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN MODREN ZAMZAM INTEGREATED ISLAMIC SCHOOL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya santri baru yang mengalami masalah penyesuaian diri terhadap lingkungan, terhadap program-porgram, dan terhadap aturan-aturan. Layanan konseling individu diharapakan dapat memberikan bantuan atau solusi kepada santri baru seperti memberikan pengetahuan agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, program, dan aturan yang berlaku secara baik serta dapat memberikan cara atau langkah yang baik kepada santri baru dalam menyesuaikan diri. Dengan begitu layanan konseling individu sangat dibutuhkan oleh santri baru dalam proses penyesuaian diri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana layanan konseling individu dan manfaat dalam penyesuaian diri santri baru tahun 2021-2022 pondok pesantren modern zamzam integreated Islamic school, kecamatan Cilongok, kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru BK dan asatidz dan asatidzah pondok pesantren modern zamzam integreated Islamic school, kecamatan Cilongok, kabupaten Banyumas. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini santri baru angkatan 2021-2022 pondok pesantren modern zamzam integreated Islamic school, kecamatan Cilongok, kabupaten Banyumas. Hasil dari penelitian ini adalah layanan konseling individu dalam mengatasi penyesuaian diri santri baru yang di terapkan pondok pesantren modern zamzam integreated Islamic school menggunakan teori sofyan Wilis dapat membantu atau mengentaskan masalah-masalah santri baru. Tahapan-tahapan layanan konseling yaitu (1) Tahap awal, dalam tahap awal terdapat prosesnya yaitu membangun hubungan, mendefinisikan masalah. (2) Tahap pertengahan, dalam tahap ini memiliki tujuan mengeksplorasi masalah dan menjaga proses konseling (3) Tahap akhir, dalam tahap akhir adanya perubahan perilaku yang lebih baik. Dalam hal ini layanan konseling individu mampu memberikan informasi dan solusi seputar penyesuaian diri santri baru 2021-2022, dibuktikan juga dengan ada perbedaan penyesuaian diri santri baru 2021-2022 antara sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Individu, Penyesuaian Diri, Santri Baru
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mochamad Ikbal sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:56
Last Modified: 31 Jan 2023 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17848

Actions (login required)

View Item View Item