POLA KOMUNIKASI ORANG TUA KEPADA ANAK NOMOPHOBIA DI GRUMBUL PLUANG DESA KENITEN KABUPATEN BANYUMAS

Ferdiansyah, Lubis (2023) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA KEPADA ANAK NOMOPHOBIA DI GRUMBUL PLUANG DESA KENITEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ferdiansyah Lubis_POLA KOMUNIKASI ORANG TUA KEPADA ANAK NOMOPHOBIA DI GRUMBUL PLUANG DESA KENITEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (979kB) | Preview

Abstract

Pola komunikasi antara orang tua dan anak yang tepat akan membentuk karakter anak yang baik dan menjaga keharmonisan keluarga. Maraknya penggunaan telepon genggam pada anak-anak membuat anak-anak menjadi kecanduan akan hal itu yang biasa disebut dengan nomophobia. Lalu bagaimana pola komunikasi yang terjadi antara orang tua dan anak nomophobia. Rumusan masalah dalam penelitian yakni: Bagaimana pola komunikasi permissive diterapkan dalam komunikasi antara orang tua dengan anak yang mengalami nomophobia di Grumbul Pluang Keniten, Bagaimana pola komunikasi authoritarian diterapkan dalam komunikasi antara orang tua dengan anak yang mengalami nomophobia di Grumbul Pluang Keniten, Bagaimana pola komunikasi authoritative diterapkan dalam komunikasi antara orang tua dengan anak yang mengalami nomophobia di Grumbul Pluang Keniten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan yaitu pola komunikasi orang tua permissive, pola komunikasi authoritarian, dan pola komunikasi authoritative dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang dominan menyebabkan anak menjadi nomphobia adalah pola komunikasi permissive orang tua cenderung menuruti keinginan anaknya untuk terus memainkan telpon genggamnya tanpa batasan waktu yang jelas, tidak terlalu perduli dengan kegiatan si anak, memberikan anak kebebasan dalam penggunaan telepon genggam dengan sedikit pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Nomophobia, Orang Tua, Anak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ferdiansya Lubis sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:54
Last Modified: 31 Jan 2023 03:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17842

Actions (login required)

View Item View Item