IMPLEMENTASI TOLERANSI BERAGAMA DALAM YOUTUBE BERDASARKAN ANALISIS WACANA KRITIS NORMAN FAIRCLOUGH

Laily Rahma, Setyaputri (2023) IMPLEMENTASI TOLERANSI BERAGAMA DALAM YOUTUBE BERDASARKAN ANALISIS WACANA KRITIS NORMAN FAIRCLOUGH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Laily Rahma Setyaputri_Implementasi Toleransi Beragama Dalam Youtube Berdasarkan Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak fenomena yang terjadi didalam negeri maupun luar negeri. Terutama fenomena dalam toleransi, banyak sekali yang masih belum bisa atau malah tidak bisa menghargai sesamanya. Toleransi itu mengarahkan pada sikap terbuka dan mengajarkan sikap untuk saling menghargai terutama pada perbedaan yang ada. Mengenai wacana toleransi ini sudah menjadi objek ilmu yang bisa dikaji dan disebarluaskan kepada publik yaitu masyarakat. Untuk penyebaran objek tersebut bisa melalui media sosial terutama media Youtube. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis wacana toleransi beragama pada Youtube. Metode yang dilakukan ialah menggunakan jenis penelitian dengan jenis Library Research, sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui pendekatan Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi yang menekankan pada dimensi teks dengan membedah makna pada konten video yang ada di Youtube berdasarkan setiap tuturan kata dialog. Dari hasil penelitian ini dalam membedah wacana toleransi beragama yaitu sikap untuk saling menerima adanya perbedaan dan tidak menindas atau menjatuhkan dengan perbedaan yang ada tersebut serta penggunaan tata bahasa yang mudah untuk dipahami oleh seluruh kalangan masyarakat dari yang muda hingga yang sudah lanjut usia sekalipun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Toleransi Beragama, Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough, Youtube.
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 291 Comparative religion
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Laily Rahma Setyaputri sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:37
Last Modified: 31 Jan 2023 03:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17832

Actions (login required)

View Item View Item