ANALISIS PEMBIAYAAN MUDHARABAH DARI SAMPAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL IHYA 'ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP

Amri, Imdadurrohman (2023) ANALISIS PEMBIAYAAN MUDHARABAH DARI SAMPAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL IHYA 'ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amri Imdadurrohman-Analisis Pembiayaan Mudharabah Dari Sampah Dalam Meningkatkan Pendapatan Santri Pondok Pesantren Al Ihya 'Ulumaddin Kesugihan Cilacap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam upaya mengatasi permasalahan sampah, terdapat lembaga swadaya masyarakat yang berfokus dalam pengelolaan sampah, yakni bank sampah. Bank sampah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan dan memanfaatkan serta mendaur ulang sampah yang sudah dipilah dan dipilih, kemudian hasil dari pengumpulan sampah tersebut biasanya akan disetorkan kepada pengrajin atau dikelola sendiri oleh pihak bank sampah. Pembiayaan Mud}har>aba>hdarisampahadalahakadkerjasamaantarapemilikmodaldan pengelola modal yang modal utamanya merupakan sampah bernilai ekonomi yang dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana skema pembiayaanMud}har>aba>h darisampahdiBankSampahPondokPesantrenAl Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap dalam meningkatkan pendapatan santri. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang merupakan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah pembiayaan Mud}ha>raba>h dari sampah dalam meningkatkan pendapatan santri. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi pembiayaan Mud}har>aba>h dari sampah di Bank Sampah Pondok Pesantren Al Ihya U’lumaddin telah sesuai dengan Fatwa DSN NO15/DSN/MUI/IX/2000, yaitu dengan menggunakan prinsip bagi hasil (revenue sharing) maupun keuntungan (profit sharing) dalam pembagian hasil usaha dengan mitra (nasabah). Serta peembiayaanMud}har>aba>h darisampahdiBankSampahPondokPesantrenAl Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap dapat meningkatkan usaha santri dan meningkatkan pendapatan usaha santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mudharabah Sampah, Meningkatkan Pendapatan, Santri.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic Institutions
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Amri Imdadurrohman sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:32
Last Modified: 31 Jan 2023 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17820

Actions (login required)

View Item View Item