STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT SISWA PADA LEMBAGA PELATIHAN KERJA DI PT. TUMBUH GELORA PRESTASI

Ardiansya, Aimanulloh (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT SISWA PADA LEMBAGA PELATIHAN KERJA DI PT. TUMBUH GELORA PRESTASI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ARDIANSYA AIMANULLOH_STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT SISWA PADA LEMBAGA PELATIHAN KERJA DI PT. TUMBUH GELORA PRESTASI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini yang menjadi perhatian adalah lembaga berbasis bahasa Jepang yang menjadi ramai diminati oleh kalangan anak muda, seperti oleh para lulusan siswa SMA atau sederajat. Keadaan tersebut didasari oleh adanya informasi tentang gaji di Jepang yang terbilang besar dan juga Negara Jepang sendiri di sisi lain memang membutuhkan banyak tenaga kerja asing untuk mencapai target pertumbuhan yang digariskan pemerintah Jepang. Salah satu lembaga yang sudah dikenal dan diminati banyak siswa yaitu Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) PT. Tumbuh Gelora Prestasi (TGP). Lembaga tersebut meskipun dalam komunikasi pemasarannya tidak pernah memberikan jaminan pemberangkatan kepada calon siswanya, namun lembaga tersebut dapat dikenal dan diminati oleh siswa yang bahkan telah menjangkau wilayah secara cukup luas. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) PT. Tumbuh Gelora Prestasi (TGP) dalam menarik minat siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Obyek peneltian ini yaitu strategi komunikasi pemasaran dalam menarik minat siswa. Subyek yang menjadi informan yaitu Direktur, Staff Penguruan Dokumen dan empat siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) PT. Tumbuh Gelora Prestasi (TGP) dalam menarik minat siswa dilakukan melalui bauran pemasaran, bauran promosi dan adanya praktik word of mouth. Namun bauran promosi pada aspek personal selling hanya dipraktikkan secara suka rela tanpa ada konsep yang direncanakan. Sedangkan pada aspek public relations, lembaga tersebut tidak ada bidang khusus kehumasan sehingga tidak ada strategi yang melibatkan publik atau masyarakat dalam menarik minat siswa. Dan pada praktik word of mouth melibatkan promosi secara suka rela dari segenap pekerja dan siswa lembaga tersebut terutama yang sudah ke Jepang dan berproses melalui lembaga tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Bauran Promosi, Minat, Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ardiansya Aimanulloh sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:30
Last Modified: 31 Jan 2023 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17817

Actions (login required)

View Item View Item