Isti, Hosah (2023) Internalisasi Karakter Religius di Kelas Full Day School MTs Negeri 3 Banjarnegara. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
ISTIHOSAH_Internalisasi_Karakter_Religius_di_Kelas_Full_Day_School_MTs_Negeri_3_Banjarnegara[1].pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Kemajuan teknologi dan perubahan zaman sekarang semakin mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi pada anak zaman sekarang seperti melemahnya moral dan akhlah anak. Oleh karena itu, sekolah/madrasah harus dapat menangani kasus tersebut melalui internalisasi karakter religius. Salah satu upaya dalam menginternalisasikan karakter religius yaitu dengan menerapkan sistem full day school yang didalamnya peserta didik dapat mempelajari dan mengaplikasikan nilai-nilai karakter religius dari berbagai macam kegiatan yang sudah terprogram dan saat pembelajaran di kelas. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan internalisasi karakter religius di kelas full day school MTs Negeri 3 Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian “Internalisasi Karakter Religius di Kelas Full Day School MTs Negeri 3 Banjarnegara” menunjukan bahwa internalisasi karakter religius yang diterapkan dapat diwujudkan melalui beberapa kegiatan yaitu dipagi hari kegiatan tahfidz Al-Qur’an. Kemudian masuk kelas regular lalu membaca doa, membaca asmaul husna, melafadzkan sholawat Nabi serta hafalan juz 30. Kemudian di waktu istirahat terdapat kegiatan shalat dhuha secara individu dan harus diikuti oleh semua peserta didik program kelas full day school. Selanjutnya di waktu siang hari dilaksanakan kegiatan shalat dzuhur berjamaah bagi seluruh warga madrasah. Dan setelah kelas regular selesai dilanjutkan mapel kelas full day school yang didalamnya terdapat mata pelajaran seperti pengembangan Bahasa arab dan inggris, tamyiz, kajian kitab kuning, pengembangan diri serta pembelajaran ICT. Selain kegiatan pembiasaan setiap harinya, terdapat kegiatan mingguan, laporan amaliah harian, kegiatan insidental, dan kegiatan peringatan hari besar Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Full Day School, Internalisasi, Karakter Religius. |
Subjects: | 200 Religion > 207 Education, research in Christianity 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISTIHOSAH ISTIHOSAH sdri |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 03:27 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 03:27 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17804 |
Actions (login required)
View Item |