NARASI PELARANGAN PACARAN DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE (STUDI TERHADAP USTAZ HANDY BONNY)

Dewi, Ratih Setyani (2023) NARASI PELARANGAN PACARAN DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE (STUDI TERHADAP USTAZ HANDY BONNY). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DEWI RATIH SETYANI_NARASI PELARANGAN PACARAN DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE (Studi Terhadap Ustaz Handy Bonny).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya zaman yang semakin pesat dan canggihnya teknologi komunikasi saat ini, anak muda mudah terpengaruh oleh budaya-budaya asing dan tren baru yang masuk tidak sesuai ajaran Islam. Maraknya motivasi untuk pacaran mulai dari media sosial, musik, film, aplikasi, TV, Iklan, dan sebagainya menjadikan pacaran seolah menjadi sebuah tren atau gaya hidup. Di sisi lain, ditemukan berbagai fakta mengenai dampak negatif yang terjadi akibat pacaran. Para da’i menyadari dan mulai membuat variasi dari dakwahnya. Jelasnya yaitu Ustaz Handy Bonny, membuat konten narasi tentang larangan pacaran melalui media sosial youtube pribadinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pelarangan pacaran dinarasikan oleh ustaz Handy Bonny dalam media sosial youtube pribadinya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yaitu observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teori naratif dari Walter Fisher. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pelarangan pacaran dalam media sosial youtube dinarasikan ustaz Handy Bonny dengan memberikan peringatan dan sindiran halus untuk yang berpacaran, kemudian menyajikan berbagai macam dampak buruk dan kerugian yang terjadi akibat pacaran dan dosa yang ditimbulkan serta solusi dan ajakan hidup sehat tanpa pacaran dengan segala manfaatnya. Narasi yang disampaikan sesuai dengan prinsip rasionalitas narasi Walter Fisher yaitu memiliki koherensi (struktural, material, karakterologis) dan kebenaran. Jenis narasi yang digunakan ustaz Handy Bonny berupa narasi informatif, ekspositorik, sugestif, dan artistik yang dikemas secara menarik dan bervariasi menggunakan model dakwah bercerita, modern, dan milenial sehingga dapat memersuasi, membangun good reason dan kedekatan juga rasa nyaman terhadap para pendengar kajian (mad’u) di media sosial youtube.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Narasi, Pelarangan Pacaran, Handy Bonny, Youtube
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.21 Fungsionaris Dakwah : Wali, Ulama, Muballig, Da'i
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: DEWI RATIH SETYANI sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:18
Last Modified: 31 Jan 2023 03:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17799

Actions (login required)

View Item View Item