PENGARUH DPK, NPF, FDR, CAR, DAN ROA TERHADAP PEMBIAYAAN (STUDI KASUS PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2016-2021)

REMA, FADIA HAYA (2023) PENGARUH DPK, NPF, FDR, CAR, DAN ROA TERHADAP PEMBIAYAAN (STUDI KASUS PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2016-2021). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rema Fadia Haya Pengaruh DPK, NPF, FDR, CAR, dan ROA Terhadap Pembiayaan (Studi Kasus Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia Tahun 2016-2021).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah BPRS yang memiliki total pembiayaan yang disalurkan sangat rendah dibandingkan dengan BUS dan UUS. Padahal perkembangan jumlah bank pada BPRS lebih tinggi. BPRS merupakan lembaga intermediasi keuangan dengan melaksanakan kegiatan menghimpun dana dari masyarakat. Oleh karena itu perlu dilakukan pengujian apakah faktor-faktor internal yang meliputi Dana Pihak Ketiga, Non Performing Financing, Financing to Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, dan Return on Asset mempengaruhi penyaluran pembiayaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda menggunakan bantuan perangkat lunak Eviews versi 10. Data yang digunakan yaitu data time series yang diperoleh dari website resmi OJK berupa laporan keuangan bulanan BPRS tahun 2016-2021. Pada penelitian ini menggunakan sampel sensus dimana semua populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian ini secara parsial variabel DPK, NPF, FDR, dan CAR berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan. Sedangkan variabel ROA secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPK, NPF, FDR, CAR, dan ROA secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,995407. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 99,5% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DPK, NPF, FDR, CAR, ROA, Pembiayaan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Rema Fadia Haya sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:16
Last Modified: 31 Jan 2023 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17795

Actions (login required)

View Item View Item