PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ZAMZAMTIME BANYUMAS

Jihan Khamidah, Jihan Khamidah (2023) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ZAMZAMTIME BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
JIHAN KHAMIDAH_PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ZAMZAMTIME BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia Industri kuliner tingkat persaingan yang mulai meningkat, dan demi mempertahankan kelangsungan bisnisnya maka perlu merubah pelanggan agar menjadi pelanggan yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik terhadap loyalitas pelanggan pada Zamzamtime Banyumas. Penelitian ini dilatar belakangi karena industri kuliner yang mengalami persaingan. Karena tingkat persaingan yang mulai meningkat dan demi mempertahankan kelangsungan bisnisnya maka perlu merubah pelanggannya agar menjadi pelanggan yang loyal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menggunakan teknik sampel yaitu non-probability sampling jenis metode accidental sampling. Menentukan jumlah sampel menggunakan rumus wibisono dengan hasil 144 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dan wawancara. Data hasil kuesioner diolah menggunakan SPSS. Uji instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji t, uji f dan uji koefisien determinasi) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Berdasarkan hasil uji-t variabel harga, promosi, dan bukti fisik secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Zamzamtime Banyumas. Untuk variabel produk, orang, dan proses secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Zamzamtime Banyumas. Sedangkan untuk variabel tempat secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Zamzamtime Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Loyalitas Pelanggan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Jihan Khamidah sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:12
Last Modified: 31 Jan 2023 03:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17779

Actions (login required)

View Item View Item