PELAYANAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK TERLANTAR DI PANTI ASUHAN DHARMO YUWONO PURWOKERTO

Rizqi, Nurrohman (2023) PELAYANAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK TERLANTAR DI PANTI ASUHAN DHARMO YUWONO PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RIZQI_NURROHMAN_PELAYANAN_SOSIAL_DALAM_MENINGKATKAN_KESEJAHTERAAN_ANAK_TERLANTAR_DI_PANTI_ASUHAN_DHARMO_YUWONO_PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan sosial panti asuhan merupakan bentuk usaha penanganan melalui pemberian pelayanan oleh panti asuhan kepada seseorang yang mengalami disfungsi sosial, mengalami permasalahan dan hambatan dalam kebutuhan hidup. Dalam hal ini pelayanan diberikan kepada anak terlantar bertujuan supaya anak dapat memperoleh kesempatan yang sama dengan anak yang lainnya dalam pertumbuhan dan perkembangan anak untuk mempersiapkan masa depannya. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan informasi serta mengetahui mengenai pelayanan sosial dalam meningkatkan kesejahteraan anak terlantar di Panti Asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif, data-data pada penelitian ini diperoleh menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek dari penelitian ini adalah pelayanan sosial di Panti Asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto, untuk subjek pada penelitian ini yaitu Ketua Yayasan Panti Asuhan Dharmo Yuwono, Pimpinan Panti Asuhan Dharmo Yuwono dan anak Panti Asuhan Dharmo Yuwono. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan sosial dalam meningkatkan kesejahteraan anak terlantar di Panti Asuhan Dharmo Yuwono dapat diberikan secara baik, mulai dari pemberian pemenuhan sandang, pangan dan papan serta diberikan pelatihan guna mendukung bakat dan minat anak untuk menjadi bekal hidupnya. Namun dalam hal ini perlu ditingkatkan lagi dalam pemenuhan serta pelatihan dengan diberikan kepada anak sesuai minat dan potensi yang dimiliki anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Sosial, Panti Asuhan, Kesejahteraan Sosial.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
800 Literature and rhetoric > 801 Philosophy and theory
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizqi Nurrohman
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:05
Last Modified: 31 Jan 2023 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17756

Actions (login required)

View Item View Item