MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA II BAYASARI JATINAGARA CIAMIS PADA SANTRI PLUS TINGKAT I’DAD DAN IBTIDA’ PUTRA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ai Mahmudah, 092333072 (2013) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA II BAYASARI JATINAGARA CIAMIS PADA SANTRI PLUS TINGKAT I’DAD DAN IBTIDA’ PUTRA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (842kB) | Preview
[img] Text
Ai Mahmudah_MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen pengembangan kurikulum PP.MH II pada santri plus tingkat i’dad dan ibtida’ putra adalah melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum berdasarkan pola fikir manajemen, atau berdasarkan proses manajemen dengan fungsi-fungsi manajemen: planning, organizing, actuating, controlling. Latar belakang dalam penelitian ini bahwa PP Miftahul Huda II merupakan PP terbesar dari dari cabang PP. Salafiyah MH Pusat yang menyelenggarakan pendidikan formal dan telah berkembang pesat dalam segala bidang diantaranya bidang pengembangan kurikulum terutama pada kelompok santri plus tingkat i’dad dan ibtida putra. Selain itu santri plus tingkat i’dad dan ibtida putra merupakan tingkat permulaan dengan jumlah santri terbanyak yang mempunyai permasalahan lebih kompleks sehingga dalam pengembangan kurikulum yang dilaksanakan membutuhkan pengelolaan yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses manajemen pengembngan kurikulum pondok pesantren Miftahul Huda II pada santri plus tingkat i’dad dan ibtida putra tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cara berfikir analisis kualitatif. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pimpinan umum pondok pesantren, dewan kyai/murabby santri plus putra, ra’is, seksi pendidikan dan pengurus lainnya. Metode analisis data adalah analisis kualitatif deskriptif dengan model interaktif yang terdiri dari display, reduksi data dan penarikan kesimpulan Hasil dari penelitian yang penulis lakukan bahwa kegiatan manajemen pengembangan kurikulum yang dilakukan di PP. MH II pada santri plus tingkat i’dad dan ibtida’ putra telah dilakukan dengan cukup baik karena sudah memenuhi fungsifungsi manajerial. Tahap yang dilakukan dimulai dari perencanaan kurikulum yang melibatkan pihak dalam dan steakholder serta kegiatan perencanaan lebih terperinci dan jelas. Pengorganisasian tertata dengan baik secara struktural, yakni pengorganisasian terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Pelaksanaan kurikulum dilakukan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler dan penambahan metode pembelajaran. Pengawasan kurikulum mencakup evaluasi kurikulum, evaluasi dilakukan terhadap penelaahan kurikulum, evaluasi proses dan akhir terhadap ustadz dan santri. Adapun pengawasan terjadi ketika evaluasi berlangsung. Kata kunci: manajemen, pengembangan, kurikulum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:03
Last Modified: 06 Dec 2016 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item