POLEMIK LOGO HALAL DI MEDIA ONLINE (ANALISIS WACANA TEUN A. VAN DIJK PADA CHANNEL YOUTUBE ADI HIDAYAT OFFICIAL)

Celine, Aliza Agustin (2023) POLEMIK LOGO HALAL DI MEDIA ONLINE (ANALISIS WACANA TEUN A. VAN DIJK PADA CHANNEL YOUTUBE ADI HIDAYAT OFFICIAL). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Celine Aliza Agustin_Polemik Logo Halal DIi Media Online (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk pada Channel Youtube Adi Hidayat Official).pdf

Download (992kB) | Preview

Abstract

Adanya peralihan kewenangan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementrian Agama Indonesia membuat logo halal yang sudah digunakan selama 32 tahun harus berganti dengan logo halal terbaru. Logo halal yang terbaru ini menjunjung nilai filosofi yang mengadaptasi nilai-nilai ke Indonesiaan seperti bentuk gunungan yang lancip dan motif surjan pada wayang kulit. Hal itu memicu polemik di masyarakat, sehingga Ustadz Adi Hidayat terpanggil untuk berkontribusi terhadap polemik tersebut dengan mengunggah video yang berjudul “Solusi UAH Untuk Polemik Logo Halal” pada channel Youtube Adi Hidayat Official. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana yang dibangun oleh Ustadz Adi Hidayat serta bagaimana keberpihakan Ustadz Adi Hidayat dilihat dari wacana yang terdapat dalam Video “Solusi UAH Untuk Polemik Logo Halal”. Jenis penelitian yang terdapat dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan teknik analisis wacana model Teun A. Van Dijk dan menggunakan teori media baru (New Medium Theory). Dengan hasil penelitian: terdapat 2 wacana yang dibangun oleh Ustadz Adi Hidayat yaitu bagaimana penyebab terjadinya polemik logo halal dan usulan terhadap polemik logo halal. Pada wacananya sangat jelas disebutkan bahwa permasalahan aspek kehalalan ini haruslah ditulis dengan jelas tidak boleh bersifat ambigu karena ini menyangkut syariat jadi diksinya harus tegas. Bentuk keberpihakan Ustadz Adi Hidayat pada polemik logo halal tidak berpihak kepada pihak manapun karena Ustadz Adi Hidayat hanya berkontribusi memberikan usulannya sesuai dengan syariat agama yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist. Teori media baru digunakan untuk memberikan informasi, dengan tujuan menjawab kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana, Polemik, Youtube, Ustadz Adi Hidayat
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Celine Aliza Agustin sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:55
Last Modified: 31 Jan 2023 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17719

Actions (login required)

View Item View Item