Chika, Andriyani (2023) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM FILM RAATCHASI KARYA SYED GOWTHAMRAJ. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
CHIKA ANDRIYANI_ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM FILM RAATCHASI KARYA SYED GOWTHAMRAJ.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang berkenaan dengan kemampuan seorang pendidik dalam hal penguasaan terhadap proses kegiatan pembelajaran serta penguasaan terhadap peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kompetensi pedagogik guru yang digambarkan pada film Raatchasi karya Syed Gowthamraj. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh seorang guru seperti yang tercantum pada Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 pasal 10 ayat 1 mengenai Guru dan Dosen. Dengan dikuasainya kompetensi pedagogik ini, maka seorang guru dapat berhadapan dengan peserta didiknya dalam hal pengajaran dan juga dapat mengembangkan kepribadian yang dimiliki oleh peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (Library Reasearch) dan menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif yang mencari dan menganalisis data secara langsung pada objek yang sedang diteliti. Penelitian ini difokuskan pada kompetensi pedagogik dalam film Raatchasi karya Syed Gowthamraj. Sumber data dari penelitian ini diambil dari film Raatchasi karya Syed Gowthamraj dan buku berjudul “Kompetensi Pedagogik” karya Nur Irwantoro dan Yusuf Suryana, serta buku-buku, jurnal, maupun sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Dari penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam film Raatchasi karya Syed Gowthamraj terdapat unsur kompetensi pedagogik yang terdiri dari pemahaman guru terhadap peserta didik yang mana merupakan aspek dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat memberikan pelayanan pendidikan yang optimal pada siswa, proses pelaksanaan pembelajaran yang merupakan inti dari proses pembelajaran di lembaga pendidikan yang mana guru menggunakan metode pembelajaran yang efektif dan efisien dalam meningkatkan hasil belajar siswa, kegiatan evaluasi pembelajaran yang merupakan sarana bagi para guru dalam mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran, serta pengembangan potensi peserta didik yang berupa potensi fisik, potensi kepribadian, serta potensi intelektual yang dimiliki oleh siswa.
Actions (login required)
View Item |