MANAJEMEN EVALUASI PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH

JAMALUDIN, NIM 123303071 (2016) MANAJEMEN EVALUASI PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
JAMALUDIN_MANAJEMEN EVALUASI PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen dibutuhkan dalam setiap organisasi, dengan adanya manajeman yang baik tujuan organisasi lebih mudah tercapai. Pesantren merupakan organisasi yang membutuhkan manajemen yang baik untuk mencapai tujuan. Kemudian seiring perkembangan zaman beberapa pesantren mengembangkan diri dengan mendirikan lembaga pendidikan berupa madrasah diniyah. Dalam pelaksanaannya madarasah diniyah juga membutuhkan adanya impementasi manajemen yang baik, termasuk Dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran dibutuhkan adanya implementasi manajemen yang baik agar tujuan dari evaluasi tersebut dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian berupa observasi, dokumentasi dan juga wawancara. Data diperoleh langsung kepada subjek agar semakin valid. Subjek-subjek yang memberikan informasi kepada penulis adalah: kepala madrasah diniyah, waka kurikulum, dewan asatidz, panitia ujian dan juga santri. Selain itu peneliti juga melakukan observasi secara langsung di lokasi penelitian. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah pelaksanaan manajemen evaluasi pembelajaran madrasah diniyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen evaluasi pembelajaran di madrasah dinniyah pondok pesantren Ath-thohiriyyah. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa pelaksanaan manajemen evaluasi pembelajaran telah terlaksana dengan cukup baik, dimana dalam pelaksanaannya terdapat empat langkah kerja yaitu: Pertama perencanaan tujuan, materi evaluasi, alokasi waktu dan pelaksanaan, pembiayaan, pembagian ruang dan tata tertib ujian, kedua pengorganisasian dalam pembagian kerja, pengorganisasian ruang ujian, pembuatan soal, ketiga pelaksanaan evaluasi diantaranya adalah: penataan ruang dan sarana ujian, pembagian soal, pengawas ujian, pengelompokan lembar jawaban, keempat pengawasan seperti pengumpulan buku absensi kehadiran dan kartu ujian dan adanya kontroling dari kepala dan juga penasehat madrasah diniyah. Kata Kunci: Pelaksanaan Manajemen Evaluasi, Madrasah Diniyah Dan Pondok Pesantren Ath-thohiriyyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:22
Last Modified: 13 Jun 2016 07:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item