PENGARUH HARGA, PREFERENSI LABEL HALAL, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT BEBAS PADA MASYARAKAT KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP

Siti, Marfixoh (2023) PENGARUH HARGA, PREFERENSI LABEL HALAL, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT BEBAS PADA MASYARAKAT KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SITI MARFIXOH_PENGARUH HARGA, PREFERENSI LABEL HALAL, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT BEBAS PADA MASYARAKAT KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan seseorang, terutama dengan latar belakang seorang muslim dalam membeli obat bebas, diantaranya harga, preferensi label halal, dan pengetahuan produk. Harga obat bebas yang terjangkau sangat diminati oleh seluruh warga Karangpucung. Namun, hanya sebagian kecil dari seluruh warga Karangpucung yang peduli dan prefer dengan adanya label halal pada kemasan obat bebas, padahal hampir seluruh penduduknya beragama Islam. Di samping itu, rendahnya tingkat pendidikan di Kecamatan Karangpucung berpotensi memicu rendahnya pengetahuan seseorang tentang obat bebas. Namun, tidak menutup kemungkinan pengetahuan yang dimiliki oleh orang yang berpendidikan tinggi pun tidak lebih banyak dari yang berpendidikan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, preferensi label halal, dan pengetahuan produk baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian obat bebas pada masyarakat Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu masyarakat Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap yang pernah melakukan pembelian obat bebas baik di apotek, toko obat, maupun warung-warung. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara parsial harga dan pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian obat bebas pada masyarakat Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap. Sedangkan, preferensi label halal secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian obat bebas pada masyarakat Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap. Akan tetapi, secara simultan ketiga variabel tersebut mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian obat bebas pada masyarakat Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Preferensi Label Halal, Pengetahuan Produk, Keputusan Pembelian, Obat Bebas
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Marfixoh
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:46
Last Modified: 31 Jan 2023 02:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17690

Actions (login required)

View Item View Item