PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII

Quthrun, Nada (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
QUTHRUN NADA_PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Pemecahan masalah merupakan sebuah kemampuan kognitif fundamental yang dapat dilatih dan dikembangkan pada siswa, sehingga dengan hal itu diharapkan ketika siswa mampu memecahkan masalah matematika maka akan mampu menyelesaikan masalah nyata. Pada pembelajaran matematika belum semua menggunakan masalah matematika tidak rutin yang kontekstual. Dari hal tersebut mengakibatkan siswa tidak terbiasa untuk berpikir kritis dan kesulitan untuk memecahkan masalah matematika masih belum maksimal. Mengatasi hal tersebut perlu adanya perubahan cara belajar peserta didik untuk lebih aktif dan memberi peluang berpikir dengan kondisi kontekstual yang dirumuskan. Pebelajaran yang baik tentunya menggunakan media pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital berbasis kontekstual yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi fungsi dan relasi kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu research and development (R&D). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa media komik digital berbasis kontekstual dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran sebagaimana hasil validasi ahli materi sebesar 81,54% dengan kriteria “sangat valid”, validasi ahli media sebesar 96,92% dengan kriteria “sangat valid”, penilaian siswa uji coba terbatas sebesar 84,4% dengan kriteria “sangat valid”, penilaian siswa uji coba luas sebesar 87,59% dengan kriteria “sangat valid”, dan penilaian guru matematika sebessar 96% dengan kriteria “sangat valid”. Kemudian media komik digital berbasis kotekstual dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungbanteng dengan rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen 0,40 lebih baik dari skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,14.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komik, Kontekstual, Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Quthrun Nada sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:17
Last Modified: 31 Jan 2023 02:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17590

Actions (login required)

View Item View Item