PENGARUH METODE DEMONSTRASI DENGAN BANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO

Abqoriyah Nur, Azizah (2023) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DENGAN BANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Abqoriyah_Nur_Azizah_Pengaruh_Metode_Demonstrasi_dengan_Bantuan_Software_Geogebra_Terhadap_Kemampuan_Pemahaman_konsep_Matematika.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Kemampuan pemahaman konsep matematika adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan suatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematika adalah metode pembelajaran yang digunakan. Peneliti memilih untuk menerapkan strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika yaitu metode demonstrasi dengan bantuan Software Geogebra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode demonstrasi dengan bantuan Software Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto yang berjumlah 79 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah kelas IX A yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksprimen dan kelas IX B yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika. Diambil dari hasil uji N-Gain diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata sebesar 0,61. Sedangkan kelas kontrol termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata sebesar 0,26. Dengan hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dengan bantuan Software Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Geogebra demonstrasi kemampuan pemahaman konsep matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Abqoriyah Nur Azizah
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:13
Last Modified: 31 Jan 2023 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17579

Actions (login required)

View Item View Item