Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koordinat Kartesius Kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga

Ira, Marfu'ah (2023) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koordinat Kartesius Kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ira Marfu'ah_Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinat Kartesius Kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan siswa dalam menguasai sejumlah materi dengan mengetahui hubungan ide dalam bentuk abstrak dari menemukan hingga membuat kesimpulan secara bermakna akan suatu konsep.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada materi sistem koordinat kartesius kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga. Subjek penelitian dipilih beberapa siswa yang mewakili gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket gaya belajar, tes tertulis pemahaman konsep matematis, dan wawancara. Sedangkan analisis datanya dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik karena dari 7 indikator mampu menguasai 6 indikator pemahaman konsep matematis. Siswa dengan gaya belajar auditori kurang mampu menguasai seluruh indikator pemahaman konsep. Hal tersebut ditunjukkan dengan siswa dengan gaya belajar auditori mampu menguasai 4 indikator dari 7 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan gaya belajar visual dan auditori karena mampu menguasai semua indikator pemahaman konsep matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Belajar, Sistem Koordinat Kartesius
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ira Marfu'ah sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:13
Last Modified: 31 Jan 2023 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17578

Actions (login required)

View Item View Item