Analisis Manajemen Risiko Operasional Koperasi Syariah Berdasarkan Pendekatan Enterprise Risk Management (ERM) Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen)

Yunisa, Adri Purwaningsih (2023) Analisis Manajemen Risiko Operasional Koperasi Syariah Berdasarkan Pendekatan Enterprise Risk Management (ERM) Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yunisa Adri P_Analisis Manajemen Risiko Operasional Koperasi Syariah Berdasarkan Pendekatan Enterprise Risk Management(ERM) Pada.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Risiko operasional pada masa pandemi covid-19 adalah suatu risiko yang dapat mengancam kesehatan perusahaan sehingga risiko tersebut harus diperhatikan dengan seksama. Risiko operasional tidak hanya satu atau dua saja, tetapi bervariasi. Maka dari itu perlunya mengetahui apa saja yang terjadi pada risiko operasional sehingga dapat dilakukan upaya penanganan dan pencegahan yang tepat untuk kesuksesan KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen di masa depan. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen dalam menangani risiko operasional yang terjadi pada KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen pada masa pandemi covid-19 melalui pendekatan Enterprise Risk Management (ERM). Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada pihak KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen yaitu dari Manager dan karyawan divisi marketing, admin serta teller. Untuk data sekunder diperoleh dari buku referensi, jurnal dan internet. Data kemudian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen Kabupaten Banyumas terdapat 14 risiko operasional disebabkan oleh jenis risiko kegagalan internal, risiko sumber daya manusia, risiko sistem, risiko eksternal (risiko lingkungan dan risiko krisis ekonomi). Dengan risk scoring tertinggi pada jenis risiko eksternal(risiko krisis ekonomi) dengan nilai risk scoringnya 16 dengan risikonya yaitu nasabah menunda membayar angsuran pembiayaan. Untuk risk scoring terrendah pada jenis risiko sistem dengan nilai risk scoringnya 1 dengan risikonya yaitu proses pengerjaan penginputan nasabah terganggu. Setiap risiko dikelompokkan dalam matriks menjadi 4 level, yaitu high, moderate, low dan verry low. Pengendalian risiko terhadap risiko level high dan moderate dengan perlunya pengendalian yang sangat baik, sedangkan untuk level low dan verry low dengan pengendalian yang cukup terhadap risikonya. Untuk pengawasan kinerja karyawan selama pandemi covid-19 diawasi dengan tidak ketat, lebih memaklumi keadaan yang sedang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Risiko Operasional, Enterprise Risk Management (ERM), Pandemi Covid-19
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: YUNISA ADRI PURWANINGSIH sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:07
Last Modified: 31 Jan 2023 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17563

Actions (login required)

View Item View Item