Falasifa, Larasati (2023) METODE PENANAMAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU CERITA BINATANG KITA BERTEMAN YUK KUMPULAN FABEL PERSAHABATAN KARYA CHANDRA WENING. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
FALASIFA LARASATI_METODE PENANAMAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU CERITA BINATANG KITA BERTEMAN YUK KUMPULAN FABEL PERSAHABATAN KARYA CANDRA WENING.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Keterampilan sosial emosional merupakan keterampilan yang harus dimiliki anak. Keterampilan sosial emosional adalah proses berkembangnya kemampuan anak untuk dapat menyesuaikan dirinya (emosi) terhadap lingkungan sosial yang lebih luas. Keterampilan emosional seperti mengelola perasaan senang atau tidak senang, suka atau tidak suka dan sedih atau gembira harus memiliki porsi yang seimbang. Mengenalkan kehidupan bermasyarakat dan agar anak memiliki keterampilan sosial emosional ada berbagai macam metode/strategi. Salah satunya mengenalkan melalui buku cerita binatang dan juga dapat menanamkan keterampilan sosial emosional melalui metode bercerita. Dalam buku yang berjudul “Kita Berteman, Yuk!” Kumpulan Fabel Persahabatan karya Chandra Wening ini menyajikan kisah-kisah cerita binatang bertema persahabatan yang mengandung nilai-nilai kebersamaan, cara mengatasi masalah pertemanan, mengelolah emosi dengan tepat, mengalah demi kebaikan bersama, kasih sayang terhadap teman. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan untuk menanamkan keterampilan sosial emosional anak usia dini pendidik dan orang tua dapat menggunakan metode/strategi antara lain metode bercerita dengan media buku bergambar, metode bercerita menggunakan media boneka tangan, metode menggunakan media papan flanel. Keterampilan sosial emosional dalam buku Kita Berteman Yuk Kumpulan Fabel Persahabatan ditunjukkan oleh setiap tokoh yang ada dalam setiap cerita. Tokoh-tokoh dalam setiap cerita menggambarkan perilaku/keterampilan bersosialisasi yang dilakukan dalam lingkup pertemanan anak serta anak dikenalkan bagaimana cara untuk memiliki keterampilan sosial, cara mengelola emosi dalam dunia pertemanan anak, prilaku dalam setiap cerita sering dijumpai dalam lingkup keseharian anak. . Kata Kunci : Metode Penanaman, Keterampilan Sosial Emosional, Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Penanaman, Keterampilan Sosial Emosional, Anak Usia Dini. |
Subjects: | 000 Generalities > 002 The book 000 Generalities > 020 Library and information sciences 300 Social sciences > 303 Social processes |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Falasifa Larasati |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:53 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 01:53 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |