Intelektual dan religiusitas mahasiswa aktivis pada lembaga kemahasiswaan fakultas dakwah tahun 2022

Yuni, Maesyaroh (2023) Intelektual dan religiusitas mahasiswa aktivis pada lembaga kemahasiswaan fakultas dakwah tahun 2022. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-YUNI MAESYAROH-1817101132-INTELEKTUALITAS DAN RELIGIUSITAS MAHASISWA AKTIVIS PADA LEMBAGA KEMAHASISWAAN FAKULTAS DAKWAH TAHUN 2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Intelektualitas adalah kemampuan yang dimiliki mahasiswa berupa kemampuan secara kognitif, kemampuan dalam berfikir secara logis dan kemampuan dapat menyelesaikan permasalahan secara efektif dan efesien. Religiusitas memiliki definisi berupa keyakinan mahasiswa pada agamanya dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara intelektualitas dan religiusitas mahasiswa aktivis pada lembaga kemahasiswaan fakultas dakwah tahun 2022. Jenis pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif korelasi product moment pearson. Populasi dari seluruh mahasiswa aktivis di lembaga kemahasiswaan fakultas dakwah tahun 2022 berjumlah 170 mahasiswa, sampel diambil dengan teknik acak dengan banyak sampel 43 mahasiswa, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket, observasi,dan dokumentasi. Berdasarkan pada uji hipotesis, hasil dari penelitian ini adalah pada taraf 5% dan 1% dengan r hitung sebesar 0,888 lebih besar dari r tabel. Hal ini ada signifikansi antara variabel X (intelektualitas) dengan variabel Y (religiusitas), ini berarti kedua variabel tersebut ada hubungan. Oleh demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima kebenerannya sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak kebenerannya, dan terdapat hubungan signifikansi antara intelektualitas dan religiusitas terhadap mahasiswa aktivis pada lembaga kemahasiswaan fakultas dakwah tahun 2022. Berdasarkan hasil tersebut, maka dikonsultasikan dengan ukuran kuat dan lemahnya hubungan, nilai r hitung = 0,888 yaitu berada diantar tabel 0,800-0,100 pada tabel interval koefisien korelasi. Kesimpulan penelitian ini merupakan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara intelektualitas dan religiusitas terhadap mahasiswa aktivis lembaga kemahasiswaan fakultas dakwah tahun 2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intelektualitas, religiusnya, mahasiswa aktivis
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yuni Maesyaroh sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:51
Last Modified: 31 Jan 2023 01:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17472

Actions (login required)

View Item View Item