Penerapan Strategi Course Review Horay (CRH) Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Ma'arif NU 1 Kedungbanteng Banyumas

Inas, Khoer Annisa (2023) Penerapan Strategi Course Review Horay (CRH) Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Ma'arif NU 1 Kedungbanteng Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Inas KA_Skripsi Munaqosah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak bisa terlepas dari penerapan strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan guru adalah strategi pembelajaran course review horay. Strategi Course Review Horay adalah strategi yang pelaksanannya guru mampu mendemonstrasikan materi di depan peserta didik lalu memberikan kesempatan peserta didik untuk mendiskusikan dengan teman-temannya, apabila sudah selesai lalu dikoreksi bersama dengan guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai penerapan strategi course review horay dalam pembelajaran Fiqih di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Banyumas. Dari latar belakang yang sudah di jelaskan, peneliti menemukan rumusan masalah berupa bagaimana penerapan strategi course review horay dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan guru adalah pembuatan RPP disesuaikan pada materi yang dibahas dengan menggunakan strategi course review horay. Pelaksanaan yang dilakukan melalui tiga tahap, Pertama, kegiatan pendahuluan yaitu guru melakukan pengkondisian kelas, menyampaikan tujuan pembelajaran serta menyampaikan materi melalui peta konsep. Kedua, kegiatan inti yaitu guru menerapkan langkah strategi Course Review Horay kepada peserta didik. Ketiga, kegiatan penutup yaitu guru melakukan elaborasi. Evaluasi dilakukan dengan tiga cara yaitu tes lisan, tes tertulis dan penugasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay (CRH), Penerapan, Strategi
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.11 Bersuci (Taharah)
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.13 Puasa dan Aspek lainnya( Wajib, Sunah, lailatul Qadar dll))
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.15 Haji dan Umrah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Inas Khoer Annisa sdri
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:01
Last Modified: 09 Jan 2023 02:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17429

Actions (login required)

View Item View Item