STRATEGI PEMBELAJARAN QIRA’AH DI MTs MA’ARIF NU 2 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015

MUGI SETIYANINGSIH, 102332013 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN QIRA’AH DI MTs MA’ARIF NU 2 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MUGI SETIANINGSIH_STRATEGI PEMBELAJARAN QIRA’AH DI MTs MA’ARIF NU 2 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, strategi merupakan hal yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Di MTs Ma’arif NU 2 Cilongok Kabupaten Banyumasterdapat siswa yang belum lancar dalam membaca tulisan Arab karena sebagian ada yang sudah mengikuti pendidikan di TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) adapula yang belum, siswa juga merasa bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sulit sehingga motivasi untuk mempelajarinya rendah. Oleh sebab itu, dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab, guru harus memperhatikan kemampuan masing-masing siswa dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Adapun masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran qira’ah di MTs Ma’arif NU 2 Cilongok Kabupaten Banyumas? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran qira’ah di MTs Ma’arif NU 2 Cilongok Kabupaten Banyumas, sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Arab, siswa kelas VII, VIII dan IX. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran qira’ah di MTs Ma’arif NU 2 Cilongok Kabupaten Banyumas antara lain: 1) Mudzakarat al-talamidz, strategi ini diterapkan di kelas VIIyang bertujuan melatih keberanian siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami yang berkaitan dengan materi bacaan. 2) Qira’ah muwajjahah, diterapkan di kelas VIIIyang merupakan strategi untuk mempelajari teks dengan menggunakan penuntun berupa pertanyaan-pertanyaan dan strategi ini juga cocok digunakan pada materi yang sekiranya tidak dapat diselesaikan di kelas. 3) Qira’ah jahriyyah,diterapkan di kelas VII, VIII dan IX yang bertujuan melatih siswa untuk membaca nyaring dan secara tidak langsung memfokuskan siswa dalam memahami bacaan. 4) Talkhis Jama’i, diterapkan di kelas IX yang merupakan strategi yang menuntut adanya kerjasama kelompok dalam bekerja. Strategi ini dapat membantu siswa menjadi lebih akrab dan saling berinteraksi dalam memahami materi yang akan dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, pembelajaran, dan qira’ah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Nov 2016 03:53
Last Modified: 29 Nov 2016 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item