LEVEL TAKSONOMI STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOME (SOLO) PADA MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MTs AL-ITTIHAAD MA’ARIF NU 1 PURWOKERTO BARAT

Ibrahim, Ibrahim (2022) LEVEL TAKSONOMI STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOME (SOLO) PADA MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MTs AL-ITTIHAAD MA’ARIF NU 1 PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ibrahim_Level Taksonomi SOLO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Taksonomi SOLO digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa saat memecahkan masalah matematika berdasarkan kriteria/tingkat. Pemahaman konsep adalah suatu proses pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan taksonomi SOLO pada materi himpunan di Mts Al- ittihaad Ma’arif Nu 1 Purwokerto Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan taksonomi SOLO pada materi himpunan, Pada kategori pemahaman konsep rendah siswa berada pada indikator taksonomi SOLO level prestructural. Dikarenakan siswa hanya memiliki sedikit informasi dan tidak membentuk kesatuan konsep sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan tepat. Pada kategori pemahaman konsep sedang siswa berada pada indikator taksonomi SOLO level unistructural dan level multistructural. Pada level unistructural siswa telah mampu menggunakan informasi tunggal dan mengunakan satu proses pemecahan untuk menyelesaikan soal dan membentuk kesatuan konsep. Pada level multisructural siswa dapat menggunakan beberapa informasi secara terpisah, serta dapat membuat beberapa hubungan dari beberapa informasi tersebut. Pada kategori pemahaman konsep tinggi siswa berada pada indikator taksonomi SOLO level relational. Pada level ini siswa mampu menghubungkan beberapa informsi yang ada dan kemudian mengaplikasikan konsepnya kedalam permasalahan nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: taksonomi SOLO, pemahaman konsep matematis, himpunan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ibrahim Ibrahim sdr
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:08
Last Modified: 01 Feb 2023 07:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17381

Actions (login required)

View Item View Item