STRATEGI PENINGKATAN SELF-EFFICACY SANTRI DI MADRASAH DINIYAH DAARUL HIKMAH DESA KARANGKLESEM KABUPATEN PURBALINGGA

PRINEZIA, MUTIA (2022) STRATEGI PENINGKATAN SELF-EFFICACY SANTRI DI MADRASAH DINIYAH DAARUL HIKMAH DESA KARANGKLESEM KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PRINEZIA MUTIA_STRATEGI PENINGKATAN SELF-EFFICACY SANTRI DI MADRASAH DINIYAH DAARUL HIKMAH DESA KARANGKLESEM KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Self-efficacy (keyakinan diri) merupakan salah satu dimensi yang paling penting dalam sebuah pembelajaran. Santri di madrasah diniyah Daarul Hikmah memiliki self-efficacy yang sangat beragam beberapa santri memiliki self-efficacy yang tinggi ada juga yang memiliki self-efficacy yang rendah sehingga motivasi untuk belajar juga cenderung rendah. Hal tersebut ditunjukkan ketika santri dihadapkan pada kersulitan dalam menghadapi masalah. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin mengkaji secara objektif, sistematis, dan mendalam terkait bagaimana strategi peningkatkan self-efficacy santri di Madrasah Diniyah Desa Karangklesem Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan metode deskriptif serta teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta triangulasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Dalam teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan dalam rangka meningkatkan self-efficacy santri di madrasah diniyah Daarul Hikmah diantaranya yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran pembelajaran langsung, kooperatif, inkuiri, strategi pembelajaran kontekstual. Sedangkan cara yang digunakan untuk meningkatkan self-efficacy santri di madrasah diniyah secara global yaitu dengan cara memberikan nasihat, motivasi serta memberikan penghargaan (reward), selain itu juga ada beberapa guru yang menggunakan cara pembuatan target.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Self-efficacy, Madrasah Diniyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Prinezia Mutia
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:06
Last Modified: 03 Jan 2023 03:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17359

Actions (login required)

View Item View Item