PENGARUH PENDAPATAN KELUARGA,TREND FASHION DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI SECARA KREDIT PADA PRODUK PAKAIAN (STUDI PADA KONSUMEN BU LIS COLLECTION SOKARAJA)

Synta, Nur Puspita (2022) PENGARUH PENDAPATAN KELUARGA,TREND FASHION DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI SECARA KREDIT PADA PRODUK PAKAIAN (STUDI PADA KONSUMEN BU LIS COLLECTION SOKARAJA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SYNTA NUR PUSPITA_PENGARUH PENDAPATAN KELUARGA, TREND FASHION, DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI SECARA KREDIT PADA PRODUK PAKAIAN (STUDI PADA KONSUMEN BU LIS COLLECTION SOKARAJA).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adanya perubahan makna dari pakaian sendiri membuat seseorang berbondong-bondong membeli pakaian dengan tren terbaru. Pada dasarnya dalam pemenuhan kebutuhan pakaian ini memerlukan pengetahuan yang baik dalam pemilihan produk yang akan dibeli dan menyesuaikannya dengan uang yang dimilikinya. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, termasuk kebutuhan fashion. Seperti cara pembayaran yang dilakukan yakni bisa secara tunai bisa juga secara kredit. Pembelian barang secara kredit memang sudah banyak terjadi. Ada sebagian masyarakat membutuhkan suatu barang, namun tidak mempunyai sejumlah uang untuk melakukan pembelian secara tunai. Minat beli secara kredit seperti ini tentu dilandasi beberapa faktor diantaranya faktor pendapatan, trend fashion, dan gaya hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh pendapatan keluarga terhadap minat beli secara kredit pada produk pakaian; (2) apakah ada pengaruh trend fashion terhadap minat beli secara kredit pada produk pakaian; (3) apakah ada pengaruh gaya hidup terhadap minat beli secara kredit pada produk pakaian; (4) apakah ada pengaruh pendapatan keluarga, trend fashion, dan gaya hidup terhadap minat beli secara kredit pada produk pakaian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model field research. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner melalui google form dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah uji rank spearman, kendall’s W, dan uji analisis regresi ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pendapatan keluarga terhadap minat beli secara kredit; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari trend fashion terhadap minat beli secara kredit; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari gaya hidup terhadap minat beli secara kredit; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pendapatan keluarga, trend fashion, dan gyaa hidup terhadap minat beli secara kredit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat beli secara kredit, pendapatan keluarga, trend fashion, gaya hidup
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: SYNTA NUR PUSPITA sdri
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:33
Last Modified: 02 Jan 2023 03:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17331

Actions (login required)

View Item View Item