PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NU 3 PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TH PEL2013-2014

SRI KUSBANDIYAH, 1123306187 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NU 3 PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TH PEL2013-2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SRI KUSBANDIYAHW_PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NU 3 PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TH PEL2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah yang dapat diidentifikasikan. Namun dalam kenyataan sering ditemui hasil dari evaluasi pembelajaran IPA belum mencapai KKM sehingga perlu ditindaklajuti untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Tujuan yang ingin dicapai adalah : untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan kontekstual dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi alternatif pada siswa kelas IV di MI Ma’arif NU 3 Pasir Kidul Purwokerto Barat Tahun 2013/2014. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah apakah melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi energi alternatif pada siswa kelas IV di MI Ma’arif NU 3 Pasir Kidul Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014? Jenis dan sifat penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma’arif NU 3 Pasir Kidul Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi : observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian bahwa pembelajaran IPA materi energi alternati melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPa materi energi alteratif pada siswa kelas IV MI Ma’arif NU 3 Pasir Kidul Purwokerto Barat. Peningkatan pembelajaran dapat terlihat dari hasil evaluasi proses perbaikan pembelajaran setiap siklusnya. Adapun ketuntasan belajar dari 14 siswa di kelas IV dapat dilihat sebagai berikut: Studi Awal jumlah siswa yang tuntas 6 orang atau 42,86%, Siklus I siswa yang tuntas 9 orang atau 64,29% siswa, Siklus II siswa yang tuntas 12 orang atau 87,51% siswa. Data tersebut menunjukkan bahwa dari studi awal siswa yang tuntas hanya 6 dan meningkat pada siklus I menjadi 9 siswa dan pada siklus II jumlah siswa tuntas belajar ada 12 siswa. Peningkatan siswa yang tuntas belajar juga terjadi pada siklus II yaitu mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan dengan jumlah siswa tuntas belajar 87,51%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Kontekstual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Nov 2016 05:16
Last Modified: 28 Nov 2016 05:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item